Penyebab Haid Tidak Lancar

Bagi Wanita mulai dari akil balik hingga umur 40an-50an pasti akan mengalami dan merasakan haid. Atau bisa juga disebut datang bulan, menstruasi, tamu bulanan. Kondisi tersebut merupakan keadaan rutin dalam proses perkembangan pada perempuan. Biasanya darah haid keluar selama kira-kira 2-7 hari. Namun kadang-kadang ada juga yang bisa lebih dari itu. Menstruasi ini terjadi setidaknya sekali dalam sebulan.

Pada umumnya siklus haid yang normal adalah 28-35 hari. Namun pada kenyataannya hal ini tidak terjadi pada semua wanita. Ada wanita yang mengalami haid tidak lancar. Bahkan, terkadang tidak bisa rutin sekali dalam sebulan. Ada yang bisa mengalami haid sekali dalam dua bulan atau tiga bulan. Haid yang datang terlambat atau tidak teratur ini tidak selalu berarti bahwa wanita tersebut mengalami kehamilan.

Ada berbagai macam penyebab atau alasan mengapa wanita mengalami haid yang tidak teratur.

inilah Penyebab haid tidak lancar:

1. Hormon tidak seimbang

Ketidakstabilan atau tidak seimbangnya hormon juga dapat menjadi penyebab haid tidak lancar. Hal ini disebabkan karena haid merupakan hasil kerjasama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Jadwal haid akan terganggu, bila salah satu komponen di atas bermasalah.

2. Tiroid

Karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid Anda bisa juga menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Kelenjar tiroid terdapat pada leher, tugasnya mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini penting karena juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar bisa berjalan dengan semestinya. Namun, ketika terjadi ketidakseimbangan pada kelenjar tiroid ini, akan dapat mempengaruhi jadwal haid Anda.

3. Penurunan berat badan yang drastis

jika Anda sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan secara ekstrim, Hal ini bisa mempengaruhi jadwal haid anda. anda harus berhati-hati, karena bisa saja anda terkena anoreksia atau bulimia.

4. Penyakit

jamur pada vagina bisa saja akan menyebabkan haid menjadi tidak lancar dan tidak teratur. Dan akibat dari jarang mengalami haid bisa mengakibatkan penyakit tumor.

5. Stres

di dalam otak terdapat hypothalamus, ini adalah bagian yang sangat mudah terpengaruh oles stress. Hypothalamus adalah hormon yang mengatur periode haid. Oleh sebab itu pada saat wanita mengalami stres maka akan mempengaruhi pada kelancaran haid anda.

nah bagi wanita yang haidnya tidak lancar sebaiknya kenali dulu penyebabnya...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Haid Tidak Lancar"

Posting Komentar

close