Manfat Daun Jarak Cina Buat Pengobatan


Tanaman yang dalam bahasa Latin disebut Jatropha curcas ini masuk dalam famili Euphorbiaceae . Getahnya berwarna putih keruh , bunganya bergerigi mirip daun pepaya , bahkan orang sering menyamakan bentuk daunnya dengan ganja . Uniknya , tak hanya masyarakat Indonesia yang memiliki pengalaman dengan jarak cina . Masyarakat luar negeri ternyata juga punya cerita . Orang Kamerun misalnya , sering menggunakan rebusan daun jarak cina untuk pengobatan artritis atau radang sendi .

Penduduk Kolombia meminum rebusan daun tanaman ini untuk menyembuhkan penyakit kelamin . Sementara itu , warga Kuba memanfatkan getahnya untuk menyembuhkan sakit gigi . Satu lagi cerita , mungkin anda tidak akan percaya betapa banyak manfaat jarak cina untuk mengobati berbagai jenis penyakit .

Dalam pengobatan tradisional daun jarak sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit dan gangguan kesehatan . Berikut ini manfaat daun jarak cina untuk pengobatan dan cara membuat ramuannya:

1.    Mengobati Luka Sayat

Senyawa flavonoida dan tannin yang terdapat di dalam daun jarak cina efektif untuk melawan infeksi staphylococcus aureus , serta mempercepat pengeringan luka gores . Hal ini disebabkan oleh sifat antimikroba dari kedua senyawa tersebut . Cara menggunakannya , patahkan ujung tangkai daun ini hingga getahnya keluar . Oleskan getah ini pada luka di kulit anda . Meskipun sedikit perih , tapi cara ini sangat cepat untuk membuat luka menjadi kering .

2.    Mengobati Memar, Terkilir Dan Tulang Patah

Anti-inflamasi yang terdapat dalam daun jarak cina berguna untuk mengatasi bengkak , memar dan sebagainya . Cara membuat ramuan: petik 7 lembar daun jarak cina , kemudian tumbuk hingga lumat . Campur dengan sedikit air , balurkan pada bagian tubuh yang sakit .

3.    Meredakan Radang Sendi Dan Pegal Linu

Di Kamerun , daun jarak cina sering digunakan untuk mengobati radang sendi . Caranya , siapkan beberapa lembar daun jarak cina kemudian tumbuk untuk mendapatkan getahnya . Tambahkan dengan minyak atsiri , untuk membuka pori-pori kulit anda sehingga getah tananam dapat meresap lebih dalam . Balurkan campuran ini pada persendian yang bermasalah .

4.    Mengobati Sakit Gigi

Rasa sakit dan nyeri akibat gigi berlubang tentu sangat menyiksa penderita . Nah , untuk mengatasi sakit gigi secara alami , gunakan cara tradisional . Tumbuk atau giling biji jarak cina hingga halus , kemudian seduh dengan segelas air panas . Setelah airnya agak dingin , berkumur selama sekitar 5 menit . Lakukan pengobatan ini dengan rutin di pagi , siang dan malam hari . Sedangkan orang Kuba biasanya menggunakan getah jarak cina untuk mengobati sakit gigi . Orang Kolombia juga menggunakan daun yodium atau jarak cina untuk mengobati penyakit tertentu . Daun yodium ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan , jadi jangan sia-siakan tanaman ini .

5. Memperbesar Alat Vital

Daun jarak sering dicari oleh para pria yang ingin dikategorikan sebagai pria perkasa . Hal tersebut karena daun jarak mempunyai kemampuan untuk memberbesar penis .

Cara pemakaiannya adalah dengan menyiapkan bahan berupa 10 lembar daun jarak beserta batangnya dan satu buah jeruk nipis . Kedua bahan dibubuhkan atau ditumbuk hingga halus , lalu tambahkan air 40 ml , saring menggunakan kain bersih . Sebelum dibalurkan pada alat vital , lakukan sedikit pemijatan dengan minyak zaitun sampai terasa hangat . Jika sudah , barulah lakukan pemijatan kedua kalinya dengan ramuan tadi . Jangan langsung dihabiskan karena ramuan tersebut bisa dipakai untuk 3 kali pemijatan .

6. Daun Jarak Mengobati Radang Telinga

Gangguan kesehatan akibat influensa yang mendadak ini memang terdengar cukup asing . Radang telinga bisa dilihat dari gejalanya seperti suhu tubuh meningkat, telinga menjadi sakit dan terdengar suara seperti berdengung sehingga membuat anda seakan menderita tuna rungu .

Untuk mengobatinya , gunakan daun jarak . Caranya dengan mengambil getah jarak pagar sebanyak setengah sendok makan , kemudian teteskan sebanyak 6 tetes ke dalam telinga. Dalam sehari bisa melakukan pengobatan ini sebanyak 6 kali hingga telinga berfungsi normal untuk mendengar .

7. Getah Pohon Jarak Mengobati Sariawan

Sariawan juga hampir sama dengan sakit gigi , tapi lebih terasa ringan dibanding sakit gigi . Ketika sariawan tentu anda kesulitan untuk mengunyah , apalagi jika lokasi sariawan tepat di tengah lidah , benar-benar menjengkelkan .

Maka dari itu , obati sariawan dengan memanfaatkan getah jarak . Caranya dengan mengambil getah langsung dari pohon jarak , lebih tepatnya di bagian tangkai pohon jarak . Getah yang sudah diambil tadi langsung dibasuh pada bibir atau daerah mulut yang terkena sariawan , lambat laun sariawan akan mengempes dan sembuh .

8. Daun Jarak Mengatasi Sakit Perut

Buang air besar susah , segera atasi dengan daun jarak . Pertama anda harus memetik 4 lembar daun jarak pagar yang masih segar karena berfungsi sebagai pencahar ringan . Kemudian , dilanjutkan dengan mencuci daun , lalu kukus hingga layu dalam dandang . Makan daunnya yang sudah dikukus , lakukan pengobatan ini minimal seminggu sampai sembelit (konstipasi) atau BAB lancar .

Semoga Bermanfaat


Sumber tulisan:
Kamu Harus Tahu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfat Daun Jarak Cina Buat Pengobatan"

Posting Komentar

close