MANFAAT PUTRI MALU UNTUK KESEHATAN




Tanaman putri malu adalah jenis flora yang telah lama dikenal memiliki karakter unik , yaitu daun yang akan menutup ketika tersentuh sesuatu . Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah , tetapi kemudian tersebar dan tumbuh di wilayah Asia Tenggara , Asia Selatan , dan di Kepulauan pasifik .

Selain itu , pemilik nama latin Mimosa pudica ini telah lama dikenal sebagai tanaman obat untuk beberapa jenis penyakit , baik dari daun , akar maupun bibit putri malu . Manfaat putri malu bagi kesehatan manusia mulai dikenal sejak lama . Bentuk ekstrak putri malu terbukti secara empiris mampu melumpuhkan larva cacing gelang yang menjadi parasit dalam sistem pencernaan manusia dalam waktu kurang dari 1 jam . Hal ini seperti data yang dirilis oleh Departement of Zoology Jamaica pada Desember 1990 .

Penemuan , mutakhir menunjukkan bahwa putri malu memiliki potensi sebagai alternatif dalam kemoterapi terhadap kanker . Manfaat putri malu ini dikarenakan adanya kandungan mimosin di dalamnya . Mimosin termasuk dalam golongan alkaloid yaitu zat kimia yang mengandung beberapa zat aktif seperti carbon , nitrogen , oksigen , sulfur , dan hidrogen . Zat ini memiliki efek antiproliferatif dan apoptosis , sebagaimana senyawa kimia yang terdapat dalam kemoterapi .

Manfaat putri malu juga memberi efek secara neurologis . Ini terindikasi melalui penelitian yang dilakukan oleh Rama Mishra , seorang dokter di India . Penelitian yang ia lakukan terhadap hewan percobaan menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak putri malu dapat meningkatkan regenerasi syaraf yang rusak sebesar 30 hingga 40% . Hasil ini kemudian diuji coba pada 52 orang yang mengalami penyakit gangguan syaraf seperti lumpuh , meningithis tulang belakang , dan degenerasi syaraf tulang belakang .

Hasil awal menunjukkan bahwa putri malu dapat mempengaruhi sistem syaraf pasien meskipun dalam skala yang ringan , yaitu berkurangnya serangan kejang pada tubuh mereka . Manfaat tanaman obat ini bagi sistem syaraf lainnya adalah memberikan efek penenang atau antidepressan , sebagaimana dibuktikan melalui riset yang dilakukan oleh Universitas Veracruz Meksiko .

Air rebusan putri malu dapat mencegah dan mengobati Hepatitis . Caranya dengan merebus putri malu sebanyak 10 gram dengan air 200 ccsampai mendidih selama 15 menit , kemudian air rebusan diminum secara rutin .

Manfaat putri malu secara tradisional digunakan dalam merawat penyakit mata , dapat mengatasi insomnia , bronkitis , kencing batu , rematik dan demam pada anak .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANFAAT PUTRI MALU UNTUK KESEHATAN"

Posting Komentar

close