Manfaat Tanaman Obat Adem Ati



Tanaman obat mempunyai nama lati Simplisia Litseae glutinosae Radix. Tanaman ini berupa tanaman pohon yang bisa tumbuh hingga ketinggian 10 meter. Tidak hanya daunnya, kulit serta akar tanaman ini juga bisa digunakan sebagai bahan membuat obat.

Tanaman ini mengandung berbagai zat seperti Alkaloid (golongan fenantrena dan aporfina), flavonoida, tanin, polifenol, dan minyak atsiri. Manfaat dari adem ati adalah untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya adalah kencing manis, radang usus, luka berdarah dan lain sebaginya.


Manfaat Adem Ati Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Tanaman Adem Ati memiliki nama latin Simplisia Litseae glutinosae Radix; Akar Adem Ati. Litseae glutinosae Cortex; Kulit Kayu Adem Ati. Litseae glutinosae Folium; Daun Adem Ati. Tanaman yang satu ini juga memiliki berbagai nama sesuai daerah dimasing-masing suku dan wilyaha, seperti orang sunda yang menyebut tanaman adem ati sebagai Huru batu, Huru beusia, Huru tangkalak, Madang kapas. Sedangkan bagi masyarakat di jawa lebih mengenal tanaman adem ati sebagai tanaman Adem ati, Kpu ketek, Nyampu wika, Wuru beling.


Uraian

Tanaman Obat Tradisional ini berupa pohon, tinggi dapat mencapai 10 meter. Batang kayu dan bercabang-cabang. Daun tinggal, bentung elips, warna hijau, dan berbulu halus. Perbungaan bentuk malai, mahkota bunga berwarana hijau, setelah tua berwarna hitam. Akar tunggang warna colkat muda. Bagian yang digunakan akar, kulit kayu, dan daun.


Penyakit yang dapat diobati

Sifat khas manis, pahit dan mendinginkan. KHASIAT Anti inflamasi, anagesik, dan hemostatik.


Khasiat Adem Ati

Akar:
1. Mencret.
2. Kencing manis.
3. Radang usus.
4. Radang kulit bernanah (obat luar).


Kulit kayu dan Daun (obat luar):

1. Bisul.
2. Luka berdarah.
3. Obat penenang.
4. Radang kulit bernanah.
5. Radang payudarah.


Ramuan dan Takaran


  1. Kencing Manis
Untuk meredakan kencing manis, siapkan akar adem ati sebanyak 5 gram, daun salam segar sebanyak 4 lembar , dan air 250 ml, lalu rebus hingga tersisa airnya menjadi 200 ml. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari, pagi dan sore, setiap minum 100 ml.


  1. Untuk Mencret dan Radang Usus
Akar adem ati 6 gram, kunyit segar 6 gram, air 110 ml, lalu rebus hingga airnya tersisa menjadi 100ml. Miminum 1 kali sehari sebanyak 100 ml, lama pengobatan diulang selama 3 hari untuk mengatasi (Mencret). Sedangkan untuk mengatasi (Radang usus) lakukan selama 15 hari. Bila tidak menunjukkan ciri gejala penyembuhan, dianjurkan untuk menghubungi dokter.


  1. Untuk Radang Kulit Bernanah, Radang Payudara, Luka, dan Bisul
Kulit kayu atau daun segar adem ati secukupnya, daun sambilata secukupnya, dan air secukupnya, lalu dipipis hingga berbentuk pasta.Balurkan pasta pada bagian kulit yang sakit hingga merata, sebelum dibaluri dengan pasta tersebut, sebaiknya bagian yang sakit dibersihkan dengan air hangat terlebih dahulu untuk medapatkan hasil yang sempur. Perbaharui pasta setiap 3 jam sekali secara berturut - turut.



Nah demikianlah informasi untuk manfaat adem ati bagi pengobatan, Anda juga bisa membaca informasi penting lainnya seperti Manfaat Daun Sirsak dan Manfaat Daun Sirih untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.!




Dirangkum dari berbagai sumber


.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Tanaman Obat Adem Ati"

Posting Komentar

close