Manfaat Daun Andong Untuk Kesehatan Tubuh



Andong atau lebih dikenal dengan nama Hanjuang adalah kelompok tumbuhan monokotil yang sering ditanam oleh masyarakat sebagai salah satu tanaman hias, daunnya yang berwarna merah atau hijau kemerahan cukup cantik untuk dijadikan tanaman hias. Kelebihan dari tanaman Andongadalah relatif tahan terhadap kekeringan dan meskipun tidak dirawat mampu bertahan hidup dengan baik. Manfaat dari tanaman andong merah ini banyak sekali,

Manfaat tanaman obat daun andong diantaranya adalah sebagai obat batuk berdarah, urine berdarah, haid terlalu banyak, obat diare atau disentri, mengatasi wasir, obat luka akibat sengatan binatang berbisa, mengobati radang gusi.

Daun andong mempunyai ciri daun lebar dengan cakra warna merah kehitaman. Tanaman ini mempunyai bentuk daun yang indah tidak heran banyak digunakan sebagai tanaman hias daun. Tidak hanya mempunyai bentuk daun yang indah, ternyata tanaman ini juga memilili beragam manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Daun Andong (Cordyline fruticosal - A. Cheval) untuk Kesehatan. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah daunnya.


Berikut ini Manfaat Daun Andong :

1. Untuk mengatasi batuk darah, urine berdarah, dan haid terlalu banyak

Bagian yang digunakan yaitu daun atau akar, cara pembuatan ramuannya yaitu dengan merebus daun andong segar ±90 gr, atau akar andong kering ±50 gr dengan tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas. Kemudian disaring dan dimunim pagi dan sore sebanyak ½ gelas.

2. Untuk obat diare / disentri

Bagian yang digunakan adalah daun atau akar tanaman, cara nya yaitu merebus bagian daun ±90 gr, atau akar andong kering ± 15 gr menggunakan tiga gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas, kemudian di saring dan di bagikan menkadi 3 gelas ukuran sama. Diminum 3 x sehari, pagi, siang, dan sore.

3. Mengatasi wasir

Bahan yang digunakan adalah daun andong 3 helai + daun wungu 7 helai, kemudian direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas. Disaring, dan minum secara rutin setiap hari.

4. Obati luka akibat sengatan binatang berbisa

Bagian yang digunakan adalah daun andong, haluskan beberapa lembardaun andong segar, kemudian panaskan diatas api. Dalam kondisi hangat , diusapkan pada bagian tubuh yang terluka akibat sengatan dan di balut dengan kain. Ganti 2-3 kali sehari.

5. Mengobati radang gusi

Kulit andong di kikis secukupnya, tambahkan sedikit garam, aduk sampai rata. Kemudian oleskan ramuan pada bagian gusi yang meradang.


Khasiat Daun Andong (Cordylinae folia) dalam Penyembuhan Hemoroid

Daun andong adalah salah satu jenis tanaman perdu bercabang yang tidak sulit ditemukan dan banyak terdapat di Indonesia. Hebatnya, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat lho bagi kesehatan tubuh kita, Happy People. Salah satunya sebagai bahan obat herbal untuk meredakan hemoroid.

Hal ini karena tanaman Andong memiliki banyak sekali zat yang sebagian besar terdapat di bagian daunnya, seperti saponin, dan polisakarida yang bermanfaat menyembuhkan bengkak.

Semoga bermanfaat.


Dirangkum dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Daun Andong Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

close