Manfaat Bunga Kenop Untuk Kesehatan



Tidak hanya berfungsi sebagai penghias taman, bunga kancing ternyata juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman bunga kancing (Gomphrena globosa) adalah salah satu tanaman hias yang banyak tumbuh di halaman rumah. Nama lain dari bunga ini adalah bunga kenop, kembang puter, ratna...

Bunga kenop atau bunga kancing merupakan salah satu jenis tanaman hias yang biasa tumbuh di sekitar sawah dan pekarangan rumah. Tidak hanya sebagai tanaman hias, manfaat bunga kenop untuk kesehatan tubuh ternyata cukup menakjubkan.

Kandungan alami dalam bunga kenop dapat menjadikan tubuh lebih sehat. Bunga ini juga cocok dijadikan obat herbal untuk mencegah timbulnya penyakit di dalam tubuh. Tak hanya bunganya bisa dijadikan sebagai obat herbal, tapi hampir dari semua bagian tanamannya bisa menjadi obat, mulai dari daun, akar, serta batang tanaman.

Bunga kenop yang sering tumbuh liar ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan, Sobat Herba. Di beberapa daerah, bunga kenop biasa disebut adas-adasan, talimantulu, atau qiang hong.


Berikut ini manfaat bunga kenop yang baik untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

  1. Melancarkan Kencing
Cuci bersih 3-10 gr bunga kenop lalu rebus dengan air secukupnya. Saring kemudian minum.

  1. Mengobati Luka atau Korengan
Bunga kenop ampuh dalam menyembuhkan luka di kulit. Jika Anda mempunyai beberapa luka pada kulit yang sulit untuk disembuhkan, Anda dapat mencoba bunga ini. Kandungan menyehatkan yang terdapat pada bunga kenop akan mempercepat pengeringan luka.

Penyakit kulit lainnya yang dapat diatasi dengan menggunakan bunga kenop adalah kudis dan koreng. Kandungan anti-infeksi dalam bunga ini akan membuat luka di kulit Anda tidak mudah terinfeksi dan cepat mengering dalam beberapa hari.

Caranya:

Rebus seluruh bagian tanaman dan gunakan air rebusannya untuk mencuci luka. Bisa juga dengan menghaluskan bunga dan daun lalu tempelkan pada luka.

  1. Mengobati Infeksi Saluran Kemih
Infeksi saluran kemih atau ISK adalah penyakit yang menyerang saluran kemih dengan gejala infeksi. Penyakit ini dapat membuat kencing Anda menjadi tidak normal dan terasa perih. Obat herbal yang cocok untuk mengatasinya, yaitu bunga kenop.

  1. Membersihkan Ginjal
Ginjal Anda dapat menjadi lebih sehat dengan bunga kenop. Bunga ini ternyata dapat melindungi kesehatan ginjal dari ancaman penyakit seperti batu ginjal. Jika Anda ingin menggunakan bahan herbal, cobalah memanfaatkan bunga ini.

  1. Menjaga Kesehatan Paru-paru
Bunga kenop mampu mencegah penyakit yang menyerang kesehatan pernapasan, terutama penyakit bronchitis. Bunga ini akan membantu menyehatkan organ paru-paru Anda dan melindunginya dari gejala bronchitis.

  1. Mengobati Disentri
Manfaat bunga kenop yang selanjutnya, yaitu dapat mencegah penyakit disentri. Kandungan menyehatkan yang dimiliki bunga ini akan membantu Anda untuk melindungi kesehatan usus dan membuatnya terhindar dari serangan disentri.

Ambil 10 kuntuk bunga segar ditambah arak kuning,direbus dan      diminum.


  1. Anti-inflamasi
Kandungan alami dalam bunga kenop, yaitu adanya fungsi anti-inflamasi. Anti-inflamasi berfungsi untuk menyembuhkan gejala radang di dalam tubuh. Jika Anda mengalami radang di beberapa bagian tubuh, tak ada salahnya untuk mencoba bunga ini.


Sifat Kimiawi dan Efek FARMAKOLOGIS :Rasa manis, netral. Anti batuk, menghilangkan sesak (antiasthmatic), pengobatan radang mata.

KANDUNGAN KIMIA: Gomphresin I, II, Ill, V, VI. Dari Manfaat Tanaman Obat Bunga Kenop diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Tanaman Obat yang penuh manfaat yang baik dan sehat bagi tubuh kita ,

Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita umatnya.


Semoga Bermanfaat



Diambil dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Bunga Kenop Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

close