10 Manfaat Biji Alpukat Yang Luar Biasa



Manfaat Biji Alpukat – Alpukat adalah salah satu makanan super yang sering dimakan oleh banyak orang. Setelah daging alpukat matang kita ambil untuk membuat salad, jus, kebanyakan orang membuang bijinya. Sebagian besar orang tidak mengetahui bahwa biji alpukat memawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Biji alpukat mengandung antioksidan, serat dan fenolik yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan daging.

Sebelum mengkonsumsi biji alpukat yang memiliki rasapahit, sebelumnya kita harus menghilangkan lapisan kulit halus coklat yang menutupnya. Kemudian oarut biji atau menggilingnya menjadi bubuk dengan menggunakan penggiling biji kopi atau blender bertenaga tinggi.

Anda bisa menggunakan bubuk biji alpukat untuk hiasan salad, sup atau menambahkannya kedalam jus. Selain itu, anda bisa membuat infused water dari bubuk biji alpukat tersebut. Caranya dengan merebus 1 sdm bubuk biji alpukat kedalam 2 gelas air seama 10 menit, kemudian diamkan selama 5 menit sebelum meminumnya.

Manfaat kesehatan dan kecantikan biji alpukat begitu banyak yang membuat anda berpikir dua kali sebelum membuang biji alpukat tersebut.

Berikut 10 Manfaat Biji Alpukat Yang Membuat Anda Terkejut :

Manfaat biji alpukat untuk Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh

Biji Alpukat memiliki sifat antioksidan yang kuat. Faktanya, Biji alpukat mengandung lebih dari 70 persen oksidan yang ditemukan pada seluruh buah. Antioksidan menjaga tubuh dari berbagai serangan radikal bebas yang nantinya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat anda aman dari infeksi virus, bakteri dan jamur.

Untuk mendapatkan manfaatnya sangatlah mudah, hanya dengan menyertakan bubuk biji alpukat pada jus atau smoothie anda secara teratur untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi diri dari serangan flu yang sering datang ketika musim hujan.

Manfaat biji alpukat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Biji alpukat merupakan sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan Kolesterol baik (HDL). Biji alpukat juga memiliki minyak bergizi yang kaya akan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Serta merupakan salah satu sumber serat larut terbaik yang sangat bagus untuk kesehatan jantung secara keseluruhan.

Pada studi 2008 yang diterbitkan Current Atherosclerosis melaporkan bahwa efek positif dari serat makanan larut pada kolesterol jahat dan menurunkan resiko penyakit jantung coroner dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Kemudian studi pada 2013 yang diterbitkan dalam Current Pharmaceutical Design mencatat bahwa biji alpukat merupakan sumber yang baik dari phytochemical bioaktif yang dapat membantu kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat biji alpukat untuk Melawan kanker

Biji alpukat juga memiliki sifat melawan kanker. Kandungan flavonol (sekelas flavonoid yang mencakup senyawa seperti quercetin, kaempferol dan myricetin yang bekerja sebagai antioksidan kuat untuk membantu mencegah dan mengurangi pertumbuhan tumor.

Serta lemak sehat dalam biji alpukat dapat menghilangkan sel-sel leukemia induk dan meninggalkan sel-sel sehat tanpa luka. Dalam sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Pharmaceutical Biology, peneliti menemukan bahwa ekstrak dari buah dan biji alpukat membuat sel-sel leukemia menghancurkan diri sendiri.

Manfaat biji alpukat untuk Membantu menurunkan berat badan

Biji alpukat yang kaya antioksidan membantu membakar lelmak untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat larut-nya menurunkan nafsu makan dan memberikan rasa kenyang selama beberapa jam. Ini mencegah anda dari makan makan ringan yang mengandung banyak kalori.

Selain itu kandungan kalsium, magnesium dan kalium membantu kesehatan secara keseluruhan, pemulihan kebugaran dan penurunan berat badam.

Untuk menurunkan berat badan, buatlah jus dengan ½ biji alpukat, 1 apel hijau, perasan 1 jeruk lemon, ½ pisang dan ½ cangkir bayam dan 1 sdm jahe.

Manfaat biji alpukat untuk Mengurangi Peradangan
Kandungan antioksidan seperti seperti catechin dan procyanidins dalam biji alpukat membantu mengurangi rasa sakit, bengkak dan kaku akibat peradangan. Selain antioksidan, biji alpukat juga memiliki sifat anti-inflamasi.

Dengan demikian, biji alpukat bermanfaat untuk mengurangi penyakit inflamasi dalam tubuh yang meliputi jerawat, asma, sinusitis, aterosklerosis, penyakit celiac, demam, penyakit radang usus, kolitis ulserativa, penyakit Crohn, rheumatoid arthritis, interstitial cystitis, dan bahkan kanker.

Makan sekitar 1-2 sdm bubuk biji alpukat setiap hari. atau anda bisa menggunakan minyak biji alpukat untuk memijat sendi atau otot yang nyeri untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Manfaat biji alpukat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi pasien yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, tidak harus membuang biji alpukat setelah memakan dagingnya. Biji alpukat sangat tinggi kalium yang merupakan vasodilator yang baik. Nutrisi ini juga membantu mengendurkan ketegangan pada pembuluh darah sehingga mennurunkan darah tinggi.

Kalium juga mengurangi efek natrium yang kemudian akan mengatur tekanan darah. sebuah studi melaporkan bahwa peningkatan asupan makanan kaya kalium memiliki efek menurunkan tekanan darah yang sama dengan kalium klorida.

Ketika tekanan darah anda pada tingkat optimal, itu akan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Manfaat biji alpukat untuk Meringankan masalah perut dan usus

Antioksidan dan serat yagn terkandung dalam biji alpukat sangat baik untuk sistem pencernaan. Bubuk biji alpukat dapat membantu mencegah dan meringankan sembelit secara alami. Hal ini bahkan bermanfaat untuk radang lambung, diare dan masalah pencernaan lainnya.

Sertakan bubuk biji alpukat dalam dier anda untuk membantu saluran pencernaan bekerja dengan prima. Hal ini juga memastikan berfungsinya pancreas, organ hati dan kandung empedu.

Manfaat biji alpukat untuk Menunda proses penuaan

Biji alpukat bisa menunda proses penuaan. Antioksidan yang kuat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit yang sehat. Ini akan mempercepat penuaan kulit dan meningkatkan keriput, bintik-bintik hitam penuaan, Garis halus dan kulit kendur.

Sedangkan minyak biji alpukat meningkatkan kolagen dikulit anda, yang penting untuk menjaga kulit awet muda, kencang dan halus.

Menggunakan minyak alpukat untuk memijat tubuh akan mempercepat regenerasi sel kulit baru dan meningkatkan sirkulasi dalam tubuh. Hal ini akan membantu menghilangkan penuaan dan membuat anda terlihat lebih muda.

Manfaat biji alpukat untuk Mengelupaskan sel-sel kulit mati

Bubuk biji alpukat juga bekerja sebagai pengelupas sel-sel kulit mati yang alami untuk kulit anda. ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati, minyak berlebih dan kotoran lainnya dari kulit.

Penumpukan sel kulit mati membuat kulit anda terlihat lebih tua, kusam dan bahkan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan komedo yang diakibatkan penyumbatan pada pori-pori anda.

Antioksidan dalam bubuk biji alpukat juga membantu memperbaiki dan memelihara kulit kering dan rusak serta memberikan kulit anda lebih bercahaya.

Caranya :
·  Campurkan masing-masing 1sdt minyak zaitun dengan 1 sdm bubuk biji alpukat.
· Gunakan campuran ini untuk memijat tubuh anda dengan lembut menggunakan gerakan melingkar
·   Tunggu selama 15 menit sebelum mandi
·   Gunakan scrub ini 1-2 kali seminggu

Manfaat biji alpukat untuk Membuat Rambut Berkilau

Penggunaan lain dari biji alpukat adalah membuat sampo anda sendiri. Sampo buatan sendiri ini akan bebas dari bahan kimia ataupun bahan beracun lainnya dan membantu membuat rambut lebih tebal dan lembut. Hal ini juga membantu mengurangi rambut beruban.

Caranya:
·  Cuci dan keringkan 3-4 biji alpukat
·  parut biji menggunakan parutan
·  Tambahkan biji parutan tadi kedalam 6 gelas air dan panaskan hingga mendidih selama 20-30 menit
·   Diamkan agar menjadi dingin, kemudian saring
·  Campur larutan ini dengan ¼ cangkir sampo herbal dan simpan dalam botol.

Gunakan untuk mencuci rambut sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa memijat minyak biji alpukat pada rambut untuk membuatnya kuat dan mengkilap.


Manfaat Biji Alpukat Untuk Kesehatan

Buah alpukat mengandung banyak kandungan baik seperti 14 mineral serta 11 vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, alpukat juga kaya akan riboflavin, protein, vitamin B3, vitamin B2, kalium serta vitamin C.

Alpukat sendiri bukan hanya enak dimakan dagingnya, namun biji buahnya juga memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan. Ada banyak sekali manfaat biji buah alpukat yang bisa kita dapatkan mulai dari:

1. Untuk mengobati sakit maag

Maag merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita seseorang dengan pola makan yang buruk. Untuk mengatasi sakit ini, anda dapat mengandalkan kehebatan biji buah alpukat.
Caranya cukup mudah yaitu dengan cara:
·  mencuci biji alpukat menggunakan air matang hingga bersih
· selanjutnya parut biji buah alpukat lalu campur menggunakan air matang setengah gelas
· saring airnya lalu gunakan untuk minum pada pagi dan sore hari. Lakukan hingga maag yang anda derita sembuh

2. Untuk mengobati diabetes mellitus

Cara menggunakan biji alpukat untuk mengobati diabetes mellitus, dapat anda lakukan dengan cara:
·  memanggang biji alpukat yag telah bersih ke atas api
·  potong biji buah menjadi beberapa potongan yang kecil-kecil
·  selanjutnya rebus biji alpukat hingga berwarna coklat
· setelah air rebusan berubah warna menjadi coklat, anda dapat menyaring air tersebut lalu minum hingga sakit anda sembuh

3. Untuk mengatasi sakit gigi

Biji buah alpukat ternyata bisa pula digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Cara menggunakan biji alpukat sebagai obat sakit gigi dapat dilakukan dengan cara menumbuk biji buah alpukat hingga halus.

Selanjutnya gunakan tumbukan dari biji tersebut ke dalam gigi yang terasa sakit atau bahkan yang tengah berlubang. Selain itu, anda dapat juga menggunakan kapas yang telah dicocokkan pada tumbukan biji untuk kemudian dioleskan pada gigi yang tengah bermasalah.

4. Mengatasi bengkak akibat peradangan

Untuk mengatasi bengkak akibat peradangan, anda dapat menggunakan biji alpukat dengan cara:
·  menumbuknya hingga halus
· ambil tumbukan biji alpukat lalu tambahkan air hingga adonannya berubah seperti bubur
· selanjutnya balurkan adonan hasil tumbukan tersebut pada bagian tubuh yang sakit

5. Untuk mengatasi gagal ginjal

Untuk mengatasi sebuah penyakit, ada baiknya jika anda menggunakan obat alami yang banyak tersedia di alam. Beragam obat alami tersebut ternyata tidak kalah ampuhnya dengan pengobatan yang dilakukan di rumah sakit. Salah satunya adalah mengobati gagal ginjal menggunakan biji buah alpukat. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara:
·  mengiris biji alpukat dengan irisan yang kecil-kecil
· selanjutnya jemur irisan tersebut hingga kering layaknya kerupuk
·  giling biji alpukat yang telah kering tersebut hingga halus
· selanjutnya buat minuman menggunakan serbuk biji buah alpukat. Lakukan seperti saat kita membuat kopi atau teh
·  minum 3 kali dalam sehari. Minuman sehat ini tidak memiliki efek samping.

Untuk hasil yang bagus, anda dapat mengonsumsi minuman sehat ini selama 1 bulan lalu rasakan perubahannya pada tiap minggu. Jika kondisi anda sudah normal kembali, anda dapat menghentikan pengonsumsiannya.

Selain manfaat biji alpukat di atas, biji alpukat juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan serta mengurangi rasa letih.

Semoga Bermanfaat.



Sumber tulisan:
Ning Rasteni

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Biji Alpukat Yang Luar Biasa"

Posting Komentar

close