8 Khasiat Daun Sambung Nyawa Untuk Pengobatan



Tanaman ini sering disebut daun sambung nyawa , salah satu tumbuhan herbal yang sering dijadikan lalapan nusantara . Nama lain daun Sambung Nyawa atau nama lainnya disebut sambung nyowo , akar sebiak dan Daun Dewa . Nama latin daun sambung nyawa disebut Gynura Procumbens merupakan tanaman asli dari Indonesia untuk digunakan mengobati berbagai macam penyakit . Manfaat daun sambung nyawa telah lama digunakan nenek moyang kita untuk mengobati penyakit kronis , termasuk kanker . Penyebaran tanaman ini paling banyak ditemukan di pulau Jawa , Sumatera , Bali , juga ada di China dan Afrika .

Ciri-ciri daun sambung nyawa dapat dilihat dari pertumbuhan tanaman berbentuk perdu tegak bila masih muda. Tanaman ini bisa saja merambat setelah mencapai usia cukup tua. Apabila daunnya diremas akan mengeluarkan bau aroma khas. Daun sambung nyawa berbentuk helaian, bulat telur memanjang antara 3,5 hingga 12,5 cm. Lebar daun antara 1 hingga 5,5 cm, ujung daun tumpul dan meruncing pendek, di pangkalnya membulat. Sedangkan tepi daun tampak rata, bergelombang atau agak bergigi. Daun tanaman ini mempunyai susunan dan fragmen yang sesuai dengan anatomi keluarga bunga matahari atau Asteraccae.

Dalam pengobatan tradisional , ekstrak tanaman ini diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan herbal ampuh . Di era modern saat ini daun sambung nyawa juga telah dijadikan dalam bentuk kapsul untuk mempermudah konsumen . Ekstrak tanaman mengandung senyawa kimia berupa antimicrobial , anticarcirogenic , antiinflammatory dan antihypertensive . Tanaman ini digunakan untuk mengobati penyakit ginjal , disentri , infeksi kerongkongan . Juga digunakan untuk menghentikan perdarahan , memperlancar siklus haid  dan mengobati gigitan hewan berbisa .


Khasiat dan Fungsi daun Sambung Nyawa Untuk Obat


1.    Untuk Mengobati Kista , Kanker dan Tumor

Penyakit ganas satu kelas dengan tumor ini dapat di cegah dengan cara mengkonsumsi daun sambung nyawa secara rutin setiap hari , pasalnya dengan mengkonsumsi daun ini , kekebalan tubuh kita akan semakin meningkat sehingga kita memiliki kesempatan lebih untuk menolak penyakit tumor ini masuk dalam tubuh kita .

Kandungan sitotastik yang terdapat pada daun sambung nyawa ini mampu mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh cara penyajian daun sambung nyawa sebagai obat kanker sebagai berikut :

Siapkan 4 gram daun segar , ditambah 7 gram akar daruju dan 3 gram benalu . Masukkan kedalam 120 ml air mendidih , kemudian seluruh herbal ditumbuk hingga halus . Tunggu hingga dingin , kemudian ramuan disaring dan diminum seluruhnya sehari sekali , selama 30 hari .

Atau daun sambung nyawa bisa di konsumsi langsung sebagai lalapan , lakukan rutin sehari 1 kali .



2. Untuk Mengobati Jantung Dan Darah Tinggi (Hipertensi)

Penyakit ini di sebabkan oleh naiknya tekanan darah pada arteri pembuluh darah . Penyakit yang 1 ini merupakan salah 1 penyakit ganas, yang terbukti sudah banyak membunuh para penderitanya , kandungan yang besifat hipotesif yang terkandung pada daun ini mampu menurunkan tekanan darah kita dengan cepat dan tanpa efect samping .

7 Lembar daun kemudian daun di cuci dengan air hangat yang sebelumnya sudah di didihkan , atau bisa dengan mencampur daun kumis kucing secukupnya . Di makan sebagai lalapan setiap hari , 1x sehari atau bisa dengan cara merebus 7 helai daun sambung nyawa tersebut pada air mendidih . Kemudian air hasil godokan yang masih hangat diminum sehari sekali .



3. Untuk Mengobati Ambeien

Penyakit yang rata-rata di derita oleh wanita ini ternyata obatnya bisa juga menggunakan daun sambung nyawa . Di samping daun ini bisa di dapat secara gratis juga tidak ada efect samping ketika di konsumsi oleh manusia secara rutin setiap hari . Caranya , cuci bersih 3 lembar daun sambung nyawa kemudian di makan sebagai lalapan menemani nasi hangat atau bisa juga daun di tumis , di kukus atau bisa juga di blender untuk di jadikan jus daun sambung nyawa .


4. Untuk Pembersih Luka

Ambil daun secukupnya , kemudian ditumbuk halus dan dimasukkan ke dalam air . Rendam luka ke dalam air selama 30 menit .


5. Untuk Mengobati Asam Urat Dan Diabetes (Kencing Manis)

Daun sambung nyawa memiliki kandungan zat yang bersifat hipoglikemin . Fungsi utama dari hipoglikemin tersebut ialah sebagai penangkal dan menurunkan kadar gula dalam darah yang menjadi faktor pemicu utama penyakit diabetes . Cara pengobatan diabetes melitus dengan daun sambung nyawa cukup dengan cara memakannya untuk di jadikan lalapan bersama nasi hangat . Ambil daun sambung nyawa sebanyak 7 lembar kemudian cuci bersih dengan air hangat yang sudah di rebus sampai mendidih , selanjutnya daun sambung nyawa tinggal di makan , rutin sehari 2 kali .


6. Untuk Mengobati Leever

Siapkan 3 lembar daun sambung nyawa , lalu cuci bersih dengan menggunakan air hangat yang sudah direbus sampai mendidih . Kemudian makan daun tersebut rutin sehari 1 kali .


7. Untuk Mengobati Maag

Penyakit yang dapat terjadi pada semua orang ini , biasanya di sebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak teratur sehingga meningkatkan asam dalam lambung kelebihan produksi , tapi jangan khawatir dengan kita mengkonsumsi daun sambung nyawa setiap hari dapat menurunkan bahkan membuang zat asam yang terdapat pada lambung . Caranya , cuci bersih 3 lembar daun sambung nyawa kemudian konsumsi langsung sebagai lalapan atau bisa juga di buat jus . Rutin konsumsi sehari 1 kali sampai kondisi membaik .


8. Mencegah Peradangan Dan Alergi

Kandungan zat daksametason yang ada dalam buah sambung nyawa mampu di jadikan obat radang dan obat alergi .


Untuk pengobatan penyakit lain yang belum disebutkan diatas , dapat mengkonsumsi daun segar sebagai lalapan . Menurut studi , daun sambung nyawa mengandung senyawa flavonoid , sterol tak jenuh , triterpen , polifenol , tanin , saponin , steroid dan minyak atsiri .

Itulah ke 8 manfaat dan khasiat daun sambung nyawa yang dapat saya sampaikan , kembali lagi pada hakikat kita sebagai mahluk hidup yang di beri akal oleh tuhan yang maha kuasa, ada sebab dan ada akibat . Marilah kita memulai hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat serta alami agar terhindar dari berbagai macam penyakit .

SEMOGA BERMANFAAT



Sumber tulisan:
Obat Keputihan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Khasiat Daun Sambung Nyawa Untuk Pengobatan"

Posting Komentar

close