7 Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan



Keji beling atau kembang bugang (di tempat saya disebut pecah beling) merupakan tanaman yang biasa dijadikan pagar atau pembatas antar kebun di pedesaan . Tanaman ini biasanya tumbuh berumpun , karena cabang rantingnya yang banyak dan daunnya yang lebat . Memiliki nama latin Clerodentrum calamitosum , tanaman ini ternyata tidak hanya dimanfaatkan sebagai tanaman pagar namun biasa dijadikan sebagai tanaman obat .

Bagian tanaman yang biasa dijadikan obat adalah akar dan daun . Daunnya berkhasiat untuk mengobati Disentri , Demam , Wasir , Kencing tidak lancar , kencing nanah . Kencing batu jenis calsium oksalat dan triple-phosphate dan Sifilis (lues) . Sementara akarnya biasa dijadikan obat untuk orang yang terkena gigitan ular .

Berikut ini cara pemakaian daun keji beling untuk pengobatan tradisional :


1.    Mengobati Kencing Bernanah

Untuk mengobati kencing bernanah , ramuannya sebagai berikut: 6 lembar daun keji beling , 10 lembar daun pegagan , 20 lembar daun picisan , 25 lembar daun jinten , 12 sirip daun meniran , 9 lembar daun murbei , 8 lembar daun sendok , 50 lembar daun kumis kucing , 8 lembar daun bengang , 3 jari gula enau , dicuci dan dipotong-potong seperlunya . Rebus dengan 4 gelas air bersih sampai airnya tersisa 2 1/4 gelas . Setelah dingin airnya disaring , lalu diminum ramuan tersebut 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas .


2.    Mengobati Kencing Batu

Ada dua ramuan untuk mengobati kencing batu . Ramuan pertama , bahannya adalah 8 lembar daun Keji Beling dicuci lalu dipotong-potong seperlunya , rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 1/4 gelas . Setelah dingin airnya disaring , minum dengan madu seperlunya . Lakukan 3 kali sehari sehari masing-masing 3/4 gelas tiap kali minum .

Cara kedua, bahannya adalah daun keci beling , daun sarap , daun pecut kuda daun kumis kucing , masing- masing 7 lembar , direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 3 gelas . Setelah dingin disaring , minum sehari 3 kali masing-masing 1 gelas .


3.    Melancarkan Kencing

Bagi anda yang kini tengah mengalami kesulitan atau merasakan sakit saat kencing , anda dapat mengkonsumsi ramuan keji beling sebagai solusinya . Manfaatnya bisa di dapatkan dengan cara mengambil daun keji beling segar sebanyak 25 grm lalu cuci dengan bersih dan rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih sampai tersisa separuhnya . Setelah agak dingin , ramuan dapat di minum . Cukup sehari sekali untuk mengkonsumsinya .


4.    Mengobati Wasir

Untuk mengobati wasir atau ambeien , cuci bersih 9 lembar daun keji beling , kemudian dipotong-potong seperlunya . Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas . Setelah dingin , airnya disaring dan tambahkan madu seperlunya . Minum dua kali sehari , masing-masing 3/4 gelas tiap kali minum .


5.    Digigit Ular

Jika anda digigit ular , ambil sepotong akar keji beling sebesar ibu jari , lalu dicuci bersih dengan air matang . Setelah benar-benar bersih kemudian dikunyah , airnya ditelan dan ampasnya ditempelkan pada luka bekas gigitan .


6.    Mengobati Demam

Siapkan 10 gram daun keji beling segar , dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit . Setelah dingin airnya disaring dan minum sekaligus .


7.    Mengobati diabetes

Diabetes merupakan kondisi tubuh yang tidak mampu menghasilkan hormon atau insulin yang berfungsi sebagai pengatur kadar gula dalam darah . Atau bisa saja insulin yang diproduksi tidak mencukupi sehingga tidak dapat melakukan fungsinya secara optimal . Siapkan 25 gram daun keji beling segar , dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit . Setelah dingin airnya disaring dan minum 2x sehari pagi dan sore hari .


Sekarang ini tanaman keji beling cukup sulit ditemukan , tidak seperti 10 tahun lalu . Jadi , kalau di sekitar rumah anda terdapat tanaman ini , jangan ditebang biarkan saja tumbuh subur . Karena keji beling memiliki banyak manfaat untuk kesehatan .



Sumber tulisan:
Bunda Nova

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

close