18 Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan dan Pengobatan


Daun dewa memiliki nama latin gynura divaricata merupakan sejenis tanaman herbal yang bisa tumbuh pada ketinggian 200 hingga 800 mdpl . Tanaman ini masuk dalam keluarga Compositae . Nama lain dari tanaman ini adalah Ngokilo , sambung nyawa ( masyarakat Jawa) , daun dewa (Jawa Tengah), San qi cao (China).

Ciri-ciri tanaman daun dewa memiliki tinggi antara 30 hingga 40 cm , memiliki batang yang tegak , batang daun pendek , lunak dan berbentuk segi lima , penampang berbentuk lonjong , dan berambut pada sisi luar . Daunnya memiliki panjang hingga 20 cm dengan lebar 10 cm . Berbentuk bulat lonjong , berbulu halus , ujung daun lancip . Tepian daun berwarna hijau keunguan . Memiliki tangkai daun yang pendek . Memiliki bunga majemuk yang tumbuh di ujung batang , kelopak bunga berbentuk cawan warna hijau , dengan benang sari berbentuk jarum warna kuning . Dapat berkembang biak dengan stek batang maupun umbi .

Pemanenan daun dewa dapat dilakukan pada saat penampang daun telah lebar dengan warna hijau tua . Sedang panen umbi tanaman ini dilakukan pada saat tanaman telah berumur 6-8 bulan , karena pada umur tersebut umbi telah siap semai untuk memperbanyak tanaman ini .


Kandungan Zat Dalam Daun Dewa

Bagian dari tanaman ini yang biasa digunakan untuk pengobatan adalah bagian daun dan batangnya . Kandungan zat yang terdapat dalam tanaman ini diantaranya adalah  saponin , minyak astiri , flavonoid , tannin vanilatpolifenolasam , klorogenatasam , p-kumaratasam , p-hidroksi benzoatealkaloid , triterpenoidsterol  dan Vitamin K .


Sifat-sifat Zat

Daun dewa memiliki beragam kandungann senyawa dan sifat-sifat kimia , maka tak heran jika banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman ini , diantaranya :

1. Mengobati Stroke

Merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat rusaknya jaringan di otak sebagai akibat dari penyumbatan pembuluh darah arteri yang bertugas untuk mengalirkan darah ke otak . Gangguan ini harus segera mendapatkan pertolongan medis maupun dengan pengobatan alternatif lainnya . Manfaat daun dewa , bisa menjadi salah satu cara pengobatan alternatif untuk mengatasi gangguan stroke . Caranya , dengan minum ramuan yang terbuat dari tumbukan umbi tanaman daun dewa yang telah dicampur dengan beberapa butir biji ginko dan sedikit madu . Atau bisa juga memasukkan hasil tumbukan umbi dan biji ginko tersebut ke dalam kapsul , lalu mengkonsumsinya secara rutin selama 1 hingga 2 bulan . Bisa juga dengan minum ramuan dari hasil rebusan bagian daun tanaman ini secara teratur sebanyak 2 kali sehari .


2. Mengobati rematik

Rematik atau biasa disebut dengan asam urat merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada tulang persendian .Untuk mencegah gangguan tersebut , sebaiknya kita memiliki pola makan yang sarat akan karbohidrat kompleks , protein dalam kadar sedang dan rendah lemak . Untuk pengobatan gangguan ini dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi ramuan yang berasal dari rebusan bagian daun tanaman daun dewa . Atau bisa juga rebusan daun tanaman ini yang dicampur dengan manfaat jahe merah , serta akar sawi langit .


3. Mengobati Diabetes (Kencing Manis)

Diabetes atau biasa dikenal dengan penyakit kencing manis ini terjadi akibat kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi . Hal ini merupakan kondisi serius yang harus segera mendapatkan penanganan medis . Sifat hipoglikemin yang ada dalam daun dewa , terbukti mampu membantu menurunkan kadar gula tersebut . Caranya adalah dengan mengkonsumsi ramuan yang berasal dari rebusan daun tanaman daun dewa minimal 1 kali dalam sehari .


4. Mengobati Sakit Jantung

Kita mengetahui bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu terutama pada orang dewasa . Penyakit ini disebabkan karena terhentinya aliran darah ke jantung meskipun hanya sesaat . Faktor penyebabnya bisa karena pecandu rokok , alkohol , obesitas , kurang istirahat , maupun kurang gerak (olah raga) .

Salah satu cara alami untuk menurunkan resiko penyakit ini adalah dengan rutin mengkonsumsi ramuan umbi daun dewa yang telah ditumbuk dan diseduh dengan air setiap sore hari .


5. Mengobati Hipertensi

Hipertensi atau dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi kesehatan yang kronis akibat tekanan darah dalam arteri meningkat . Pengobatan yang dilakukan biasanya dengan mengkonsumsi obat-obatan anti hipertensi .

Namun tahukan anda bahwa dalam tanaman daun dewa juga memiliki kandungan sifat hipotesif , yaitu dapat menurunkan tekanan darah . Selain alami , pengobatan ini juga relatif aman .

Caranya adalah dengan minum hasil rebusan beberapa lembar daun tanaman daun dewa sebanyak 2 kali sehari setelah makan . Atau bisa juga digunakan sebagai lalapan .


6. Mengobati Kanker

Sifat sitotastik dalam daun dewa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh , cara pemakaiannya adalah dengan rutin mengkonsumsi ramuan atau hasil rebusan daun tanaman dewa yang dicampur dengan temu putih serta jombang .


7. Mengobati Pendarahan atau pembengkakan payudara

Gangguan ini dapat menimbulkan sensasi nyeri pada bagian payudara . Hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti pubertas ,  menstruasi , kehamilan , menyusui , menopause ,  maupun karena pemakaian alat kontrasepsi .

Cara pengobatannya cukup sederhana , yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun tanaman daun dewa sebanyak ½ gelas sehari sekali .


8. Mengobati Luka

Hasil tumbukan umbi daun dewa yang telah dicampur dengan sedikit gula merah hingga teksturnya menyerupai salep dapat digunakan sebagai obat luka , seperti luka bakar maupun karena goresan . Gunakan salep tersebut pada bagian yang sakit lalu perban dengan kain yang bersih .

Selain itu , khasiat dari tanaman ini juga dapat mengobati luka memar . Caranya adalah dengan cara menempelkan hasil tumbukan beberapa lembar daun tanaman daun dewa yang dicampur dengan beberapa lembar daun jarak pada luka memar .


9. Mengobati Gigitan Binatang Buas

Saat digigit oleh binatang buas , sebaiknya kita jangan terlalu panik . Ambilah beberapa umbi daun dewa , lalu tumbuk dan oleskan pada luka bekas gigitan . Jangan lupa untuk menggunakan perban .


10. Mengobati Kutil

Kutil merupakan sebutan lain bagi papilloma , yaitu sejenis tumor jinak yang ada pada kulit yang disebabkan oleh penebalan lapisan luar kulit secara berlebihan . Cara alami untuk mengobatinya adalah dengan menumpuk beberapa lembar daun dari tanaman daun dewa lalu ditempalkan pada kutil dengan bantuan plester . Atau bisa juga dengan memotong-motong beberapa lebar bagian daun tanaman tersebut lalu ditempelkan pada kutil dengan plester sebagai perekatnya .


11. Mengobati Ganglion

Secara anatomi ganglion merupakan bongkahan jaringan biologis yang dibentuk oleh sel-sel saraf pada tubuh . Ganglion merupakan sejenis kista yang biasanya muncul pada tangan atau kaki . Cara mengobati ganglion secara alami adalah dengan rutin mengkonsumsi manfaat daun dewa setiap harinya . Misalnya saja dipakai untuk lalapan .


12. Mengobati Batuk Dan Muntah Darah

Gangguan pernafasan seperti batuk , merupakan hal yang umum terjadi . Namun batuk yang disertai muntah darah haruslah sangat kita waspadai . Hal tersebut bisa menandakan suatu gangguan yang serius pada kesehatan kita . Untuk mengatasi hal tersebut , gunakanlah khasiat dari bagian daun tanaman daun dewa sebagai ramuan untuk membantu pengobatannya .

Caranya adalah dengan meminum hasil rebusan daun dewa sebanyak 3 kali sehari , secara rutin masing-masing ½ gelas .

Cara di atas juga bisa menghentikan perdarahan pada saat kehamilan .


13. Mengobati Kejang Pada Anak

Saat anak mengalami demam tinggi , apalagi disertai dengan kejang , pasti akan membuat para orang tua sangat panik dan khawatir . Untuk pertolongan pertama , tumbuk batang daun dewa , lalu campurkan sedikit arak dan minumkan pada si anak .


14. Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan sejenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang bernama dengue . Penularan virus ini bisa melalui gigitan nyamuk aedes aegypti . Sering kali karena penyakit ini bisa membawa dampak kematian pada seseorang . Untuk membantu mengobatinya , minumlah ramuan hasil rebusan bagian daun tanaman daun dewa sebanyak 2 kali sehari secara teratur .


15. Mengobati Keseleo

Keseleo atau dalam bahasa medis disebut sprain atau terkilir . Hal ini seringkali terjadi pada seseorang yang aktif dalam berolahraga maupun seorang yang banyak melakukan kegiatan fisik . Banyak cara yang dilakukan untuk mengatasinya , seperti memijit maupun dengan menggunakan obat-obatan .

Selain cara tersebut , ada cara alami untuk mengobati keseleo yaitu dengan minum hasil rebusan bagian daun tanaman daun dewa yang dicampur dengan temu hitam dan temu lawak sebanyak 2 kali sehari .


16. Mengobati Wasir

Khasiat lain dari tanaman daun dewa adalah dapat mengobati wasir atau yang biasa kita kenal dengan ambien . Cara meramunya adalah minum rebusan bagian daun tanaman ini dengan campuran daging tanaman lidah buaya dan sedikit madu . Namun apabila wasir telah parah , ambil beberapa lembar daun tanaman daun dewa , lalu remas untuk mengeluarkan getahnya , dan masukkan ke dalam anus .


17. Mengatasi Gangguan Haid

Terkadang para wanita mengalami gangguan dengan siklus menstruasi yang tidak teratur . Akan tetapi khasiat dari manfaat daun dewa ternyata bisa menjadi solusi gangguan tersebut .

Caranya adalah dengan minum hasil rebusan maupun hasil tumbukan bagian daun tanaman herbal ini dengan campuran sedikit arak yang sudah dipanaskan .


18. Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Flek hitam merupakan gangguan kulit wajah yang sangat mengganggu penampilan , terutama bagi kaum hawa . Meremas daun tanaman daun dewa dan mengambil getahnya untuk dioleskan pada bagian yang terkena flek dapat membantu mengatasinya .


Semoga Bermanfaat



Sumber tulisan:
Bundae Arsy

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18 Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan dan Pengobatan"

Posting Komentar

close