Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan



Daun Jinten (Nama latin : /Plectranthus amboinicus L./) atau yang juga dikenal dengan daun jintan adalah sejenis tanaman pirenial yang diduga berasal dari Afrika. Tanaman ini tergolong dalam klasifikasi keluarga dari Lamiaceae. Sedangkan nama lokal dikenal dengan sebutan bangun-bangun, sukan, aceran, daun kucing, daun kambing, golong, iwak, dan majha nereng. Untuk saat ini daun jinten sudah dibudidayakan guna memebuhi kebutuhan herbal dalam produk olahan jamu.


Daun jinten atau daun jintan sudah banyak dikenal di masyarakat. Jenis daun dari tumbuhan perennial ini memiliki banyak khasiat herbal. Tanaman daun jinten sendiri diduga berasal dari negara Afrika. Bentuk tanamannya tidak terlalu besar dengan ketinggian yang tidak melebihi 1 meter. Daunnya berwarna hijau melebar dengan gerigi di bagian tepinya. Jenis daun jinten cukup tebal dengan tulang daun yang menyirip dan berambut cukup halus.


Daun jinten memiliki kandungan senyawa kimia yang bermanfaat untuk dijadikan obat dalam pengobatan herbal ini. Kandungan senyawa dalam daun ini yaitu fenol, kalium, phytosterin-b, dan minyak atsiri. Semua senyawa tersebut memiliki fungsi masing-masing untuk tubuh Anda. Anda tidak hanya menjadi lebih sehat, tapi juga bertahan dari serangan penyakit menural maaupun penyakit yang bersifat kronis. Anda patut mencoba daun ini untuk pengobatan tanpa efek samping.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun jinten, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.


12 Manfaat dan Khasiat Daun Jintan untuk Kesehatan


1. Mengatasi Demam

Khasiat daun jinten yang pertama yaitu dapat mengatasi demam. Senyawa dalam daun ini mengandung zat yang dapat menurunkan suhu tubuh yang terlalu tinggi sehingga menimbulkan demam. Khasiat ini disebut dengan anti piretik.

Caranya, Siapkan sekitar 9 lembar daun jintan kemudian cuci bersih. Tumbuk hingga halus, peras dan saring selanjutnya minum airnya.

Untuk hasil yang maksimal bisa gunakan ampas daun sebagai obat gosok yang dibalurkan pada seluruh badan.



2. Mencegah Peradangan

Khasiat daun jinten sebagai anti inflamasi yaitu mencegah timbulnya peradangan. Selain itu, daun yang satu ini juga akan menghentikan peradangan yang sudah muncul ke tubuh Anda sehingga dapat diobati dengan mudah.



3. Pereda Batuk

Khasiat daun jinten yang selanjutnya yaitu memiliki sifat anti tusif, sifat penyembuh untuk meredkana batuk. Kandungan senyawa yang ada pada daun ini juga akan membantu mencairkan dahak penyebab batuk dan membantu mengeluarkan dahak tersebut dari tenggorokan Anda.

Caranya, sediakan 9 lembar daun jintan, cuci dan haluskan dengan cara ditumbuk. Peras dan campurkan sedikit minyak wijen kemudian minum.



4. Menyembuhkan Borok

Khasiat daun jinten untuk luka luar bisa digunakan dalam penyembuhan borok. Luka pada borok bisa menjadi luka yang menahun bila tidak ditangani dengan baik. Untuk itu, cobalah pengobatan herbal untuk borok dengan daun yang satu ini.



5. Menghentikan Pendarahan Luka

Khasiat daun jinten juga mampu menghentikan pendarahan, terutama akibat kulit yang terluka. Selain itu, daun ini juga mampu meredakan pendarahan yang diakibatkan oleh gejala mimisan pada hidung.



6. Pereda Pusing

Manfaat daun jinten untuk kepala adalah meredakan pusing dan sakit kepala. Daun ini mempunyai kandungan senyawa yang cocok untuk menyembuhkan sakit kepala seperti migrain dan pusing akibat faktor tertentu.

Caranya, ambil daun jinten secukupnya, cuci bersih kemudian ditumbuk kasar. Gunakan sebagai kompres yang ditempelkan pada kening.



7. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat daun jinten juga baik untuk mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang seimbang tidak akan membahayakan tubuh Anda. Hasilnya, Anda akan terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi yaitu penyakt hipertensi.



8. Meredakan Asma

Penderita asma juga dapat memanfaatkan daun jinten untuk meredakan asma ketika kambuh. Daun ini berfungsi sebagai bahan alami yang dapat melebarkan saluran pernapasan, sehingga penyumbatan udara di dalam pernapasan pun bisa dicegah.



9. Mengatasi Perut Kembung

Perut yang kembung bisa terjadi karena banyaknya gas di dalam lambung. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan daun jinten. Daun ini akan mengurangi jumlah gas yang membuat perut Anda kembung tanpa efek samping.

Caranya, tumbuk 5 lembar daun jintan yang sudah dicuci, rebus dengan 1 gelas air hingga tersisa setengah. Saring dan minum selagi hangat.



10. Mencegah Sariawan

Manfaat daun jinten juga bisa digunakan sebagai obat yang mampu mencegah beberapa infeksi mulut seperti sariawan, sakit tenggorokan, dan bibir kering yang pecah-pecah. Selain itu, daun ini akan menyehatkan rongga mulut Anda pada bagian tertentu, termasuk gigi dan gusi.



11. Pelancar ASI

Campurkan pada sup atau juga dimakan sebagai lalapan dengan proses pengukusan.



12. Rematik

Ambil sekitar 5 lembar daun jintan, tumbuk hingga halus dan campurkan dengan kapur sirih secukupnya. Gunakan sebagai obat tapal dengan cara membalurkan pada area yang ingin diobati.


SEMOGA BERMANFAAT



Dirangkum dari berbagai sumber



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

close