8 Manfaat Akar Alang-alang



Manfaat alang-alang ternyata memberikan khasiatnya yang baik bagi kesehatan . Pada daerah pertanian tanaman alang-alang sering disingkirkan karena dianggap menjadi gulma bagi tanaman lain . Terkadang gulma tumbuh lebih subur dibandingkan tanaman yang ditanam petani namun sebenarnya keberadaan alang-alang mampu menghindari kerusakan tanah seperti erosi . Jalinan rimpang akar yang berkembangan dalam tanah mampu menahan air saat musim penghujan datang .

Tanaman alang-alang mengandung unsur kimia alami seperti glukosa , manitol , asam sitrat , asam malic , arundoin , coixol , fernerol , silindrin , anemonin , simiarenol , esin , saponin , alkali , polifenol dan taninin . Kandungan ini terdapat pada bagian batang , akar dan bunganya yang sering dijadikan alternatif pengobatan tradisional seperti pada manfaat kunyit putih ataupun manfaat temulawak .

Akar alang-alang berkhasiat sebagai obat untuk berbagai gangguan kesehatan seperti batu ginjal , infeksi ginjal , kencing batu , batu empedu , buang air kecil tidak lancar atau terus-menerus , air kemih mengandung darah , prostat , keputihan , batuk rejan , batuk darah , mimisan , pendarahan pada wanita , demam , campak , radang hati , hepatitis , tekanan darah tinggi , urat saraf melemah , asma , radang paru-paru , jantung koroner , gangguan pencernaan , diare , dll .

Jika ingin dijadikan obat untuk berbagai penyakit anda bisa memprosesnya sendiri dengan mudah , seperti contoh dibawah ini :

1. Obat Radang Ginjal Akut

Caranya , ambil dan cuci sampai bersih 60-120 gram akar segar , lalu dipotong-potong seperlunya dan rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa hanya tinggal 1 gelas . Setelah itu diminum sehari 2 kali secara rutin .


2. Obat Muntah Darah

Caranya 30-60 gram akar segar dari alang-alang dicuci bersih , lalu dipotong-potong seperlunya dan rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa hanya tinggal 1 gelas . Dapat diminum setelah dingin sehari 2 la;i . Lakukan rutin sampai sembuh .


3. Obat Kencing Nanah

Caranya , 300 gram akar segar dari alang-alang dicuci bersih , dipotong-potong seperlunya , lalu direbus dalam 2.000cc air bersih sampai tersisa tinggal 1.200cc , tambahkan gula batu secukupnya . Setelah itu dibagi menjadi 3 kali minum sebagai teh . Selama sepuluh hari .


4. Obat Mimisan

Caranya , akar segar dari alang-alang dicuci bersih , lalu ditumbuk dan diperas airnya sampai terkumpul 100cc setelah itu langsung diminum . Atau bisa juga dengan cara ambil 30 gram akar segar dari alang-alang dicuci bersih , setelah itu direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa hanya tinggal 1 gelas dan dapat langsung diminum .


5. Obat Campak

Siapkan akar alang-alang segar senamyak 30 gram dan air 1,5 gelas . Cuci bersih akar alang-alang dengan air . Rebus akar alang-alang dengan air hingga mendidih atau sampai air rebusan tersisa 1 gelas . Diamkan hingga dingin dan tuang air rebusan ke dalam gelas . Minum air rebusan seperti minum teh .
.

6. Obat Hepatitis Akut

Siapkan akar alang-alang kering 60 gram dan air 3 gelas . Cuci bersih akar alang-alang dengan air . Rebus akar alang-alang dengan air hingga mendidih dan air rebusan tersisa 1 gelas . Tuang ke dalam 2 gelas sama rata . Lakukan rutin selama 10 hari .


7. Meredakan Panas Dalam

Alang-alang dapat digunakan untuk meredakan panas dalam . Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengambil umbi akar alang-alang secukupnya . Caranya , Cuci umbi akar alang-alang terlebih dulu sampai bersih , Jemur di bawah panas matahari atau di oven sampai kering . Bila sudah kering tumbuk umbi akar tersebut hingga menjadi bubuk . Bubuk alang-alang bisa diseduh dengan air panas dan dinikmati dengan tambahan manfaat madu secukupnya sebagai perasa .


8. Mengatasi Sakit Ginjal

Akar alang-alang ampuh untuk mengatasi sakit ginjal . Seperti yang sudah diketahui sakit ginjal jika tidak segera diobati dengan benar bisa menyebabkan komplikasi . Caranya ,
Siapkan 120 gram akar alang-alang segar , cuci bersih akar tersebut lalu rebus dalam 3 gelas air . Biarkan sampai mendidih dan air rebusan tersisa 1 gelas saja . Air rebusan akar alang-alang ini baik diminum rutin 2 kali sehari setiap pagi dan sore .


Semoga Bermanfaat



Sumber tulisan:
Tanaman Herbal Alami

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Manfaat Akar Alang-alang"

Posting Komentar

close