19 Manfaat Tanaman Benalu Untuk Obat Herbal



  1. Dapat digunakan untuk mengobati campak
Mungkin masih banyak yang baru mengetahuinya, namun benalu sebenar dapat digunakan untuk menjadi ramuan obat herbal untuk mengobati campak. Adapun cara penggunaanya adalah dengan cara menumbuk hingga halus batang benalu dan adas pulosari. Oleskan pada bagian yang kena campak

  1. Dapat digunakan untuk mengobati tumor dan juga kanker
Berdasarkan beberapa informasi hasil penelitan, menyebutkan bahwa Benalu dapat digunakan untuk mengobati tumor dan kanker. Adapun cara penggunaanya adalah dengan mengambil beberapa batang benalu yang menempel pada pohon teh. Rebuslah batang benalu dengan rumput alang – alang dan adas pulowaras dengan air secukupnya. Setelah dingin saring dan minumlah 1X sehari.

  1. Dapat digunakan untuk mengobati amandel
Amandel menjadi sebuah penyakit yang sering dialami oleh beberapa orang, disini benalu menjadi salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk mengobatinya. adapun cara penggunaanya adalah dengan mengambil batang benalu yang menembpel pada tanaman jeruk nipis. Rebuslah batang benalu bersama adas pulowaras dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin saring dan minumlah ramuan 1X sehari..

Hal-hal diatas merupakan kegunaan Benalu secara umum, namun secara spesifik kegunaan benalu yang hidup di pohon jambu dengan pohon teh itu berbeda. hal tersebut terjadi karena unsur zat yang ada pada benalu ini bergantung pohon atau tanaman yang ditempelinya.


Berikut adalah beberapa manfaat atau khasiat benalu berdasarkan pohon yang ditempeli :

  1. Benalu yang menempel pada tanaman sono dapat digunakan sebagai obat rematik dan pegal linu.
  2. Benalu yang menempel pada tanaman turi dapat digunakan untuk mengobati kencing nanah, mengatasi gangguan saluran kencing, mengatur kadar oksigen dalam darah, mengatasi batu ginjal dan juga masalah pankreas.
  3. Benalu yang menempel pada tanaman kelor dan salam dapat digunakan sebagai obat gondok menyeluruh.
  4. Benalu yang menempel pada kacang – kacangan dapat digunakan sebagai penambah nafsu makan.
  5. Benalu yang menempel pada tanaman randu dapat digunakan untuk mengobati asma, ginjal, saraf dan hernia.
  6. Benalu yang menempel pada tanaman delima dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu mempersubur rambut, mengobati kecing manis dan membantu mengecilkan perut.
  7. Benalu yang menempel pada tanaman sawo dapat digunakan untuk membantu mengecilkan perut.
  8. Benalu yang menempel pada gading dapat digunakan untuk mengatasi gangguna kesuburan rahim, keputihan dan mengobati gatal – gatal.
  9. Benalu yang menempel pada jambu airdapat digunakan untuk mengobati maag, mual, mules, perih dan juga perut kembung.
  10. Benalu yang menempel pada jarak dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan mengatasi masalah gatal – gatal pada ibu yang baru melahirkan.
  11. Benalu yang menempel pada kopi dapat digunakan untuk mengatasi masalah darah rendah, gatal – gatal dan mengobati maag
  12. Benalu yang menempel pada tanaman sirsak dapat digunakan untuk mengobati sakit perut, sariawan dan juga ambeien.
  13. Benalu yang menempel pada tanaman mangga dapat digunakan untuk mengatasi mual, sesak napas, lever, dan juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka.
  14. Benalu yang menempel pada tanaman alpukat dapat digunakan untuk mengobati tips, mengatasi masalah darah tinggi dan kencing manis.
  15. Benalu yang menempel pada belimbing wuluh dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, batuk dan pusing.
  16. Benalu yang menempel pada beringin dapat digunakan untuk menghitamkan rambut, mengobati gatal – gatal, datang bulan yang tidak lancar dan mengatasi masalah kutu air.
  17. Benalu yang menempel pada cengkehdapat digunakan untuk mengobati penyakit paru – paru, jantung dan menjaga kadar kolesterol.
  18. Benalu yang menempel pada durian dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan dan mengobati flu.
  19. Benalu yang menempel pada jati dapat digunakan untuk melancarkan peredaran darah, mengobati penyakit kanker, kencing manis, gondok, sakit akibat virus dan juga sifilis.

Tentang Benalu Kopi

Benalu kopi merupakan jenis tumbuhan parasit yang memilih inang pada tanaman kopi. Umumnya benalu dapat tumbuh dengan baik di tempat yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Tumbuhan benalu disebarkan oleh burung pemakan biji. Umumnya benalu kopi senang menempel dan tumbuh pada tanaman kopi yang tua. Tempat tumbuh dari benalu kopi yaitu pada batang dan ranting pohon kopi. Benalu kopi yang terkenal berasal dari Sumatera Utara.

Pohon yang dipilih menjadi inang oleh benalu umumnya memiliki getah. Kandungan getah ini digunakan oleh benalu untuk diserap. Hasil penyerapan getah dari inang ini yang nantinya menjadi zat bermanfaat. Kandungan antioksidan dari benalu kopi ini yang memiliki manfaat untuk pengobatan termasuk pada penyakit kanker.

Manfaat yang diperoleh dari benalu kopi telah diketahui oleh nenek moyang bangsa Tiongkok dan masyarakat di daerah Batak. Oleh bangsa Tiongkok biasanya benalu kopi dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan kanker. Biasanya khasiat benalu kopi akan dicampur dengan tanaman berkhasiat lain untuk memperkuat penyembuhan.

Manfaat benalu kopi untuk kesehatan lainnya adalah mengobati amandel, diabetes, asam urat, rematik, ginjal, tumor, batuk, flu, dan menambah stamina.


Manfaat Benalu Kopi untuk Kanker

Benalu kopi yang bermanfaat untuk penyembuhan kanker adalah benalu kopi dalam bentuk segar atau mengalami pengeringan tanpa terpapar sinar matahari. Benalu kopi yang digunakan tidak boleh terpapar pestisida atau tercemar zat kimia lainnya.

enalu kopi yang mengandung zat antioksidan tinggi bermanfaat untuk menekan pertumbuhan sel kanker dan membantu pertumbuhan sel sehat.


Pengolahan Benalu Kopi

Cara pengolahan benalu kopi sangat mudah. Ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh manfaat benalu kopi. Cara pertama, benalu kopi dapat diminum seperti menyeduh teh. Cara kedua dengan merebus daun benalu kopi. Cara ketiga ialah mengolah benalu kopi dalam kondisi dikeringkan.

Sebelum melakukan pengolahan benalu kopi sebaiknya memperhatikan kondisi benalu kopi tersebut. Perhatikan apabila terdapat jamur pada permukaan daun yang berupa titik-titik putih. Bersihkan jamur tersebut terlebih dahulu dengan air mengalir.


Cara mengolah benalu kopi dengan cara menyeduh untuk mengobati penyakit kanker adalah sebagai berikut:

  • Ambil daun benalu kering atau segar sebanyak satu genggam atau sekitar 20 gram.
  • Bersihkan dengan air mengalir hingga bersih.
  • Masukkan ke dalam mangkuk porselen atau stainless steel. Boleh juga menggunakan cangkir atau gelas dari kaca.
  • Masukkan air panas dengan suhu 90ºC sebanyak 1-2 gelas ke dalam mangkuk.
  • Biarkan sekitar 15 menit.
  • Saring air benalu kopi.
  • Minum air saringan benalu kopi hangat-hangat.
  • Lakukan secara teratur satu kali sehari.


Cara mengolah benalu kopi dengan cara direbus untuk mengobati penyakit kanker adalah sebagai berikut:

  • Sediakan panci bersusun dua. Panci atas diisi benalu kopi dan air. Panci kedua diisi dengan air saja untuk mengontrol suhunya.
  • Ambil 100 gram daun benalu kopi dan bersihkan dengan air mengalir hingga bersih.
  • Masukkan 100 gram daun benalu kopi dan air sebanyak 300 ml ke panci bagian atas.
  • Pemanasan dilakukan hingga suhu mencapai 90ºC selama 15 menit.
  • Sisakan air sebanyak 100 ml.
  • Saring air hasil penyarian benalu kopi.
  • Minum sari benalu kopi hangat-hangat.
  • Lakukan secara teratur satu kali sehari.

Cara berikutnya yang praktis adalah dengan mengonsumsi daun benalu kopi dalam bentuk kering. Caranya ialah keringkan benalu kopi tanpa terpapar sinar matahari. Jika dibutuhkan dapat dibuat serbuk. Masukkan benalu kopi kering atau serbuk tersebut pada kapsul dan tinggal diminum. Benalu kopi yang telah dikeringkan dapat juga dimasukkan ke sachet seperti teh. Saat ingin meminumnya tinggal diseduh dengan air panas seperti menyeduh teh.

Mengonsumsi benalu kopi sebaiknya sesuai dengan dosisnya untuk menghindari terjadinya efek samping. Untuk mengetahui dosis yang sesuai pada obat herbal benalu kopi dapat berkonsultasi ke ahli pengobatan herbal.

Manfaat benalu kopi untuk pengobatan terutama penyakit kanker sebenarnya telah diketahui sejak zaman dahulu. Pengobatan dengan herbal benalu kopi aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti. Obat herbal benalu kopi ini dapat menjadi alternatif pengobatan melawan penyakit kanker yang mengerikan.

SEMOGA BERMANFAAT



Sumber tulisan:

Lian Saragih, Hendri Al Ashani Purba

Subscribe to receive free email updates:

close