8 Manfaat Daun Beluntas Untuk Pengobatan Herbal



Daun beluntas yang merupakan sebuah tanaman kecil yang banyak ditemukan di kawasan yang dekat dengan pantai , mudah di temukan juga di desa karena terkadang tanaman beluntas digunakan sebagai pagar pekarangan . Tanaman ini hidup dengan cara yang liar dan dapat mudah tumbuh meski tak sengaja di budidayakan . Pemanfaatan daun beluntas ini banyak digunakan sebagai obat herbal yang cukup ampuh . 

Berikut ini beberapa manfaat daun beluntas untuk pengobatan :


1. Mengurangi Pegal Linu

Khasiat daun beluntas ternyata juga dapat digunakan untuk mengurangi pegal linu pada tubuh . Pegal linu yang sering terjadi , pastinya akan sangat menyiksa diri . Apabila mengalami masalah pegal linu ini , maka sebaiknya meminum rebusan daun beluntas sebanyak 3 kali dalam 1 hari .


2. Menghilangkan Bau Badan

Daun beluntas memiliki bau yang menyegarkan karena adanya kandungan minyak atsiri . Kandungan minyak atsiri ini dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap . Cara penggunaannya dengan merebus daun beluntas dan menggunakannya untuk mandi . Menurut penelitian , ekstrak daun beluntas dengan kadar 5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menguraikan kandungan keringat pada kulit .


3. Menghilangkan Keputihan

Daun beluntas yang biasa dikenal sebagai sebuah tanaman liar ini , banyak digunakan untuk mengobati keputihan yang biasa dialami oleh para wanita . Daun beluntas pun dapat membuat keputihan ini menjadi berhenti total dalam tempo yang cukup singkat . Selain daun beluntas , manfaat kunyit putih juga dapat digunakan untuk menangani keputihan .

Kegunaan lain dari daun beluntas yang sangat berguna untuk kaum wanita ialah karena khasiatnya yang dapat membuat nyeri haid yang biasa terjadi menjadi berkurang .


4. Menghilangkan Bau Mulut

Permasalahan bau mulut pun dapat menjadi kendala , terutama bagi yang kerap kali bercakap-cakap dengan orang lain . Apabila mengalami permasalahan ini , maka disarankan untuk meminum air daun beluntas atau gunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi bau mulut ini .


5. Mengobati Nyeri Pinggang

Banyak orang yang sering mengalami nyeri pinggang . Hal ini akan sangat mengganggu kehidupan , jika terus-menerus terjadi . Rebusan daun beluntas memiliki khasiat penghilang rasa nyeri terutama pada daerah pinggang . Pada beberapa orang , sakit pinggul akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi rebusan daun beluntas secara teratur . Selain itu , manfaat air putih juga akan membantu mengurangi resiko sakit pinggang yang bisa terjadi .


6. Mengatasi Reumatik

Bagi para orang tua yang mengalami permasalahan rematik dapat mencoba mengkonsumsi ramuan daun beluntas . Khasiatnya dapat menghilangkan berbagai macam nyeri , ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati rematik .


7. Mengatasi Perut Kembung

Daun beluntas ternyata juga dapat menjadi solusi ketika mengalami perut kembung , sehingga rasa tidak nyaman akibat perut kembung ini dapat segera menghilang dengan meminum rebusan daun beluntas .


8 .Melancarkan Jalan Keringat

Manfaat daun beluntas untuk bau badan dapat memperlancar pengeluran keringat dari kelenjar keringat di dalam kulit . berbeda dengan kandungan alumunium dalam anti-perspirant dan deodorant , daun beluntas tidak menghambat pengeluran keringat dengan menutupi pori pori . Sehingga tidak ada keringat yang terjebak di dalam kulit dan membuat bakteri berkembang biak .

Cara konsumsi daun beluntas dapat menggunakan ekstraknya sebagai air bilasan saat mandi, dijadikan teh atau dimakan langsung sebagai lalapan . Cara konsumsi yang paling sering adalah sebagai dimakan langsung atau dikukus sebagai lalapan . Atau bisa di keringkan kemudian diseduh dengan air panas .

Semoga Bermanfaat



Sumber tulisan:
Rinda Nasa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Manfaat Daun Beluntas Untuk Pengobatan Herbal"

Posting Komentar

close