9 Manfaat Akar Pinang untuk Kesehatan Pria dan Wanita



Pohon pinang memiliki nama latin areca cathecu . Pohon ini memiliki batang yang tinggi dan buahnya yang berwarna orange ke kuning-kuningan . Di samping itu buah pinang juga banyak di manfaatkan sebagai obat untuk kesehatan . Selain buah pinang yang memiliki manfaat di bidang kesehatan akar dari pohon pinang juga memiliki manfaat di bidang kesehatan .

Manfaat akar pinang untuk kesehatan dan obat penyakit apa saja ya ? Mari kita bahas bersama . Jika mengulas tentang pinang , Pinang merupakan jenis tumbuhan palma yang hidup di daerah Asia , Pasifik dan Afrika bagian timur . Pinang ialah nama tumbuhan yang mungkin tidak asing lagi bagi kita , biasanya buahnya diperdagangkan orang . Diberbagai daerah di Indonesia , pinang memiliki nama daerahnya masing-masing seperti jambe (Jawa) , Pineung (Aceh) , Pining (Batak Toba) .


Kandungan Akar Pinang

1.  Alkalin adalah senyawa yang berfungsi untuk meningkatkan gairah seseorang .
2.    Alkoloid berguna untuk memberikan efek tidak sakit saat di lakukan pembedahan . Contoh dari alkoloid ini adalah morfin .
3.    Gluvakolin berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh dalam melakukan aktifitas.
4.    Guvasine memberikan kesehatan dan juga kecantikan alami bagi tubuh.



Manfaat Dan Khasiat  Akar Pinang

1.    Mengobati Sakit Pinggang

Pada umumya orang pedesaan menggunakan pinang sebagai obat sakit pinggang atau pegal-pegal. Caranya , ambil beberapa siung akar pohon pinang yang telah dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur dibawah terik matahari . Selanjutnya akar pinang tersebut direbus dengan tambahan buah pinang atau ramuan lainnya . Apabila sudah mendidih , angkat , lalu minum selagi hangat sebagai jamu . Minum rutin 2 kali sehari sampai sakit pinggang mereda .


2.    Mengobati Difteri

Akar pinang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit , salah satunya adalah difteri . Difteri merupakan penyakit yang disebabkan karena terjangkit bakteri .

Caranya , ambil akar pinang yang sebelumnya sudah dikeringkan . Kemudian rebus dengan 2 gelas air . Selanjutnya tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk sampai rata . Minum ramuan tersebut secara rutin untuk menyembuhkan difteri .


3.    Menghilangkan Kudis

Seperti yang kita ketahui bahwa sudah banyak obat kudis yang tersebar di pasaran yang berbahan dasar kimia . Tapi alangkah baiknya kita menggunakan obat yang menggunakan bahan-bahan alamiah seperti akar pinang . Sebagai obat kudis kita bisa menggunakan akar pinang .

Caranya , haluskan akar pinang yang sudah dikeringkan . Campur dengan ¼ sendok teh kapur sirih dan air secukupnya . Setelah berbentuk pasta , oleskan pada bagian yang terdapat kudis .


4.    Meningkatkan Gairah

Akar pinang juga bermanfaat bagi pria untuk meningkatkan gairah , karena kandungan arkeolin yang ada pada akar pinang .

Caranya , dengan merebus akar pinang dengan dua gelas air putih sampai tersisa setengahnya . Selanjutnya saring dan minum air tersebut . Anda akan mendapatkan reaksinya setelah 2 jam mengkonsumsi ramuan akar pinang .


5.    Mengecilkan Rahim

Ternyata tidak hanya biji dari buah pinang saja yang dapat digunakan kaum wanita sebagai ramuan untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan , akar pinang pun juga dapat dijadikan ramuan tersebut .

Caranya , siapkan akar pinang yang sudah dikeringkan , kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas . Setelah itu saring dan minum air tadi sampai rahim anda normal .


6. Mengobati Jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang paling vital dalam tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh . Di samping itu penyakit jantung juga lebih berkaitan dengan pola hidup dan makanan yang di konsumsi . Untuk memiliki jantung yang sehat sebagai salah satu upaya pencegahan anda dapat mencoba meminum ramuan dari akar pinang .

Caranya , ambil akar pinang untuk di bilas dengan bersih baru kemudian di jemur hingga kering . Masukkan ke dalam panci dengan dua gelas air . Panaskan dan tunggu hingga mendidih . Setelah itu saring airnya dan tunggu hingga dapat di minum .

Untuk pencegahan ini dapat di minum satu kali dalam seminggu saja agar kondisi jantung tetap sehat dan prima .


7. Mengobati Diare

Diare bisa disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang telah terinfeksi virus sebelumnya . Untuk itu sangat di anjurkan untuk membeli makanan yang terbungkus di dalam kemasan yang lebih aman dari pada makanan yang tidak memiliki kemasan . Penderita diare akan banyak kehilangan cairan di dalam tubuh hingga dapat membuat badannya menjadi lemas dan tidak bernafsu makan . Langkah pertama yang baik anda coba adalah memberikan minuman dari akar pinang .

Caranya , ambil beberapa akar pinang yang telah dikeringkan . Rebus dengan 3 gelas air dan tunggu hingga mendidih atau menyisakan cukup sebanyak 2 gelas air . Setelah itu airnya di saring dan tunggu hingga dingin . Tambahkan juga beberapa tetes madu kemudian aduk hingga rata baru di berikan bagi penderita diare .

Dengan rutin selama dua hari minum rebusan akar pinang akan membantu menghentikan penyakit diare tersebut .


8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam akar pinang terkandung senyawa bernama guvasine yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh . Dengan sistem tubuh yang meningkat bisa dipastikan terbebas dari serangan virus dan penyakit . Pada dasarnya tubuh bisa meningkatkan kekebalan tubuhnya sendiri . Namun dalam kondisi tertentu sistem imunitas tubuh bisa tiba -tiba menurun . Jika menurun maka kemungkinan anda terserang penyakit menjadi lebih mungkin , jika tidak segera di atasi . Untuk itu di perlukan bahan alami untuk membantunya yaitu akar pinang .

Caranya , akar pinang di bersihkan dan di jemur . Rebus dengan air hingga mendidih kemudian di saring ke dalam gelas . Bisa di minum sebanyak dua kali dalam seminggu dalam rangka pencegahan . Ataupun di minum saat tubuh terasa lelah saja .


9. Untuk Kecantikan Kulit

Minum rebusan dari akar pinang juga baik untuk menjaga kesehatan kulit anda . Ini karena akar pinang mampu meluruhkan darah kotor yang terdapat pada tubuh yang dibuang bersamaan dengan air seni . Akar pinang mengandung senyawa guvasine dan alkoloid sehingga kulit menjadi bersih dari masalah seperti jerawat , komedo dan flek hitam . Wanita mana yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat . Karena kulit sehat pasti membuat anda tampak cantik dan terawat . Untuk minumnya sebaiknya di minum sebanyak satu kali dalam seminggu saja sebagai langkah awal .


Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat dan khasiat akar pinang yang di rebus untuk di minum bagi pencegahan dan juga pengobatan penyakit .

SEMOGA BERMANFAAT



Sumber tulisan:
Rama Rana

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Manfaat Akar Pinang untuk Kesehatan Pria dan Wanita"

Posting Komentar

close