Manfaat dan Khasiat Akar Wangi untuk Kesehatan dan Kecantikan



Akar wangi , sekar wangi , rumput akar wangi atau narwastu merupakan tanaman herbal yang memiliki nama ilmiah Vetiveria zizanioides . Tanaman herbal ini berasal dari India yang tumbuh sepanjang tahun . Akar wangi biasanya tumbuh di daerah beriklim tropis yang cenderung kering . Sama seperti namanya , tanaman akar wangi memiliki aroma wangi yang sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan sebagai wangi-wangian .

Tanaman akar wangi masih satu keluarga dengan serai atau padi-padian . Panjang tanaman ini biasanya sekitar 1-2 meter . Selain bermanfaat sebagai wewangian , tanaman ini juga ampuh dijadikan sebagai alternatif pengobatan herbal .

Di Indonesia sendiri , pohon akar wangi dimanfaatkan sebagai pengganti benang untuk membuat sajadah . Selain itu , tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai kerajinan lain seperti dompet , tas dan lain-lain . Budaya kerajinan tersebut banyak dijumpai dan dikembangkan di daerah garut . Bukan hanya sebagai bahan kerajinan dan pengobatan saja , tanaman akar wangi juga berperan penting dalam mempercantik penampilan .


Kandungan Nutrisi dan Gizi Akar Wangi :

Asam Vevitena , Minyak atsiri , Vetiverol Ester , Vetiverol , Vetiveron , Asam Vetivenil , Beta-vetispirene 1,6 - 4,5 % , Vetiselinenol 1,3 - 7,8 % , Khusimol 3,4 - 13,7 % , Alpha-vetivone 2,5 - 6,3 % .


Manfaat Akar Wangi untuk Kesehatan :

1. Menghilangkan Bau Mulut

Anda memiliki masalah bau mulut tidak sedap ? Sudah mencoba berbagai macam cara namun belum ada hasilnya ? Anda bisa mencoba memanfaatkan tanaman ini untuk dijadikan obat kumur penghilang bau mulut . Cara membuat ramuan untuk obat kumur tersebut juga sangat mudah , yakni dengan menyediakan akar wangi dan juga tanaman herbal lain seperti pegagan , daun sirih , kapulaga . Rebus semua bahan dan jadikan sebagai obat kumur setiap pagi dan malam .

2. Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap

Selain ampuh menghilangkan bau mulut , akar wangi juga berkhasiat untuk menghilangkan bau badan tidak sedap . Bau badan yang diakibatkan oleh bakteri dan keringat yang menyebabkan rasa tidak nyaman dapat segera hilang dengan memanfaatkan akar tanaman herbal ini . Anda bisa berendam dengan menggunakan air rebusan herbal ini sembari menggosok-gosok kulit dengan lembut .
  
3. Sebagai Obat Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Akar wangi memiliki kandungan zat yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka . Kandungan zat tersebut juga berperan aktif untuk menghentikan perdarahan . Untuk mengobatinya anda cukup menyediakan tanaman herbal tersebut lalu ditumbuk hingga halus . Balutkan tumbukan akar tersebut pada seluruh bagian luka dan balut kembali dengan perban agar nutrisi cepat meresap dan tidak hilang .

4. Membantu Melancarkan Aliran Darah

Sirkulasi darah yang lancar akan berpengaruh pada kerja organ lain yang terdapat pada tubuh . Untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh maka dibutuhkan nutrisi yang bisa kita dapatkan dari tanaman herbal ini . Untuk membuat ramuan ini pun tidak sulit karena kita cukup menyeduh akar wangi dan meminumnya secara langsung .


5. Mengobati Panas Demam

Saat seseorang mengalami demam biasanya mereka hanya mengatasinya dengan beristirahat dan tidak diobati . Demam memang terjadi sebagai perlawanan bakteri pada tubuh terutama demam yang dialami oleh anak-anak . Untuk menurunkan gejala demam dengan cepat agar tidak merasakan sakit terlalu lama , kita bisa memanfaatkan ramuan akar wangi yang alami tanpa harus mengkonsumsi obat berbahan kimia .

6. Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan suatu penyakit berbahaya yang dihindari oleh setiap orang . Salah satu pengobatan alami yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan batu ginjal adalah dengan ramuan akar wangi . Kandungan zat yang terdapat pada akar tanaman herbal ini mampu memecahkan batu ginjal yang nantinya akan keluar bersama urine .

7. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi amat sangat dihindari oleh siapa saja . Jika penyakit ini tidak segera diatasi maka dapat mengakibatkan munculnya penyakit lainnya seperti stroke dan jantung . Bagi anda yang mungkin menderita tekanan darah tinggi maka anda harus waspada dan segera mengatasinya . Salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit hipertensi adalah dengan memanfaatkan seduhan akar wangi yang memiliki kandungan zat penting bagi tubuh .

8. Menghilangkan Dehidrasi

Dehidrasi memang kerap melanda terutama di siang hari yang panas . Seduhan herbal ini dapat mengatasi dehidrasi sekaligus menggantikan ion tubuh yang hilang dengan kandungan nutrisi penting di dalamnya . Meskipun rasanya tidak senikmat minuman ringan yang dijual di toko-toko , namun khasiat dari tanaman herbal ini mampu membayar sedikit rasa hambar yang dirasakan saat meminumnya .

9. Memperlancar Keluarnya Keringat

Kandungan nutrisi penting yang terdapat pada herbal ini juga bermanfaat untuk memperlancar keluarnya keringat . Saat keringat dapat keluar dengan lancar maka racun dalam tubuh juga ikut keluar sehingga kesehatan tubuh kita akan selalu terjaga .

10. Mengatasi Pegal Linu

Usia lanjut sangat rawan dengan yang namanya pegal linu . Namun hal ini tidak menutup kaum muda yang bisa juga merasakan pegal linu akibat terlalu banyak beraktivitas berat . Kandungan nutrisi pada akar wangi diyakini mampu membantu menyembuhkan rasa pegal-pegal dengan cara menumbuk akarnya dan digosok-gosokkan pada seluruh tubuh .

11. Mengatasi Masalah Ketombe

Masalah ketombe di kepala sangat mengganggu terutama bagi mereka yang bekerja di luar ruangan dalam waktu yang lama . Rasa gatal yang mungkin muncul mungkin tidak tertahankan . Terlebih jika ketombe berlebihan maka penampilan kita akan semakin berantakan . Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adala dengan memanfaatkan tumbukan akar wangi dan digosokkan pada area kepala .

12. Menghilangkan Kutu

Selain ketombe , kutu rambut juga akan hilang dengan memanfaatkan tumbukan dari akar wangi herbal tersebut . Anda dapat mengolahnya dan menggunakan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal .


Manfaat Akar Wangi untuk Kecantikan Lainnya :

13. Mencegah iritasi kulit

14. Mengatasi jerawat wajah

Cara Memanfaatkan Akar Wangi untuk Kecantikan :

Ada beberapa cara untuk mengolah tanaman herbal ini untuk kecantikan .

1. Dibuat masker .

2. Campurkan dengan beberapa obat herbal lainnya .

3. Direbus kemudian di minum .

4. Dengan menggosokkan langsung ke bagian tubuh yang terkena masalah .


Cara Memanfaatkan Akar Wangi untuk Kesehatan :

Akar wangi dapat dikonsumsi dengan cara dijadikan sebagai ramuan sehat . Caranya adalah merebus akar herbal ini yang sudah dibersihkan terlebih dahulu . Setelah itu saring air rebusan akar tanaman herbal tersebut untuk memudahkan meminumnya . Bagi anda yang biasa meminum teh tubruk , anda bisa langsung meminumnya tanpa disaring terlebih dahulu .

Minumlah selagi hangat untuk mendapatkan nutrisi lengkap dari tanaman herbal ini . Mengkonsumsi akar wangi secara rutin dapat membantu menyembuhkan penyakit yang anda derita seperti beberapa macam penyakit di atas . Namun anda juga harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu karena kondisi tubuh masing-masing individu berbeda .

Efek Samping Akar Wangi :

Untuk tanaman herbal akar wangi ini belum ditemukan sumber yang menyatakan adanya kontradiksi atau efek samping mengkonsumsi tumbuhan ini baik akar maupun daunnya . Meskipun demikian tanaman akar wangi tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui . Selain itu , konsumsi tanaman herbal ini untuk anak-anak tidak disarankan dalam dosis terlalu tinggi.

Semoga Bermanfaat



Sumber tulisan:
Ridwan Iwan Wan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Akar Wangi untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

close