Manfaat Daun Sisik Naga (Picisan) Untuk Kesehatan Dan Kandungan



Terdapat beberapa khasiat manfaat daun sisik naga (picisan) bagi kesehatan dan kandungan senyawanya.

Sisik naga (Drymoglossum piloselloides L.) ialah tumbuhan yang mampu menumpang pohon lain atau dinamakan epifit, tetapi bukan parasit lantaran akan buat memproduksi makanan sendiri, picisan tidak sedikit ditemukan tumbuh liar di hutan, diladang dan ruangan berlembab dari dataran rendah ataupun dataran tinggi kurang lebih 1.000 m diatas permukaan laut.

Manfaat daun sisik naga (picisan) bagi kesehatan dan kandungan , Ciri daun sisik naga berwarna hijau hingga hijau kecoklataan, bertangkai pendek wujudnya jorong, ujung daunnya tumpul dan membundar tebal dan berdaging, daun pinggirnya rata pangkal daun sedikit meruncing. Ukuran daun sisik naga berbentuk bulat sampai jorong seperti duit logam picisan, makan sisik naga pun tidak jarang dinamakan picisan.


Kandungan Sisik Naga :

1. Minyak asiri

2. Flavonoid

3. Tanin

4. Gula

5. Fenol

6. Triterpen


Manfaat Daun Sisik Naga (Picisan)

  1. Rematik Jaringan Lunak
Ambil 15 hingga 20 garam daun sisik naga yg tetap segar dan dicuci, selanjutnya daun masukan kedalam panci dan tambahkan tiga gelas air bersih dan di rebus, sampai jadi satu gelas, sesudah itu disaring dan diminum dua kali sehari takaran setengah gelas.

  1. Radang Gusi
Bersama kiat ambil daun sisik naga secukupnya dan dicuci bersih, selanjutnya daun serta-merta dikunyah dan biarkan kunyahan tersebut, kepada area gusi yang meradang, kemudian buang ampas nya, lakukan tiga kali sehari hingga sembuh.

  1. Sakit Kuning
Ambil 15-30 gr daun sisik naga dan dicuci bersih, setelah itu masukan kedalam panci dan tambahkan tiga gelas air sampai airnya jadi setengah, selanjutnya disaring dan diminum tiga kali sehari setengah gelas.

  1. Sariawan
Caranya, ambil satu genggam daun sisik naga dan dicuci, selanjutnya masukan kedalam panci dan tambahkan dua gelas air dan direbus sampai mendidih, selanjutnya tunggu airnya jadi hangat dulu, kemudian air nya buat berkumur, ulangi dua kali sehari hingga sembuh.

  1. Kanker Payu-dara
Caranya ambil 40-50 gr daun sisik naga dan dicuci bersih kemudian masukan kedalam panci dan tambahkan tiga gelas air setelah itu direbus, sampai airnya jadi satu gelas, lalu disaring dan diminum dua kali sehari setengah gelas.

  1. Menghentikan pendarahan
Caranya ambil 30 gr daun sisik naga dan dicuci bersih, seterusnya daun digiling hingga halus sesudah itu diperas dan disaring, diminum tiga kali sehari hingga sembuh.

7. Sakit perut

8. Disentri

9. Tb parah disertai batuk berdahak

10. Kontipasi

11. Parotitis

12. Tb kulit bersama pembesaran kelenjar getah bening

13. Leukora

14. Gonore

Dosis yang dianjurkan antara 15-60 gr


Manfaat Daun Picisan Buat Penyakit Ikan

Caranya daun sisik naga yang telah dicampur daun pepaya dan daun ketapang selanjutnya seluruhnya bahan dihancurkan dan dipermentasi memanfaatkan probiotik dalam wadah tertutup selama 7 hari, trik ini amat sangat efektif untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit ikan, caranya tinggal mencampur 6-10 tutup botol aqua dulu dicampurkan 5liter air bersih dan disebarkan ke kolam.

SEMOGA BERMANFAAT



Sumber tulisan:

Fauzi

Subscribe to receive free email updates:

close