11 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan




Walaupun memiliki nama terong , namun demikian buah yang satu ini sama sekali tidak memiliki bentuk dan rasa yang sama seperti manfaat terong lainnya yakni terong ungu , maupun terong hijau . Namun demikian , sesuai namanya buah ini disebut terong belanda karena dibawa dan dikenalkan oleh orang belanda , sehingga masyarakat kala itu mengenal buah ini dengan istilah terong belanda hingga saat ini . Meskipun dikenalkan oleh orang Belanda , nyatanya buah ini dibawa dari daratan Amazon di benua amerika yang jauh dari negeri belanda .


Karakteristik Terong Belanda

Terong belanda memiliki bentuk seperti buah sawo , berukuran kecil dan biasanya berwarna merah keunguan . Salah satu ciri utama dari buah ini adalah dapat dikenali melalui baunya yang unik dan berbeda dengan buah lainnya . Selain itu terong belanda juga memiliki rasa yang asam dan biasanya jarang dikonsumsi langsung . Lebih sering diolah menjadi jus ataupun campuran dari es dan sop buah .

Terong belanda sendiri memiliki nama latin Solanum Betaceum memiliki banyak manfaat dan khasiat . Khasiat ini diperoleh dari hasil olahan terong belanda yang biasanya diolah menjadi jus buah terong belanda yang menyegarkan .


Berikut ini beberapa manfaat terong belanda :


1. Dapat Menyegarkan Tubuh

Terong belanda memiliki rasa yang asam dan mungkin agak sedikit kecut . Rasa asam ini dapat membantu anda dalam menyegarkan tubuh , sehingga tubuh yang terasa lelah dan mengantuk dapat segar secara instant setelah mengkonsumsi jus buah terong belanda . Apalagi dengan tambahan es batu dan air dingin yang akan menambah kesegarannya .

2. Meningkatkan Daya Tahan Dan Imunitas Tubuh

Khasiat terong belanda sangat baik bagi daya tahan tubuh anda . Hal ini disebabkan oleh kandungan manfaat vitamin C yang terkandung di dalam buah terong belanda itu sendiri . Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat baik untuk menjaga meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh . Dengan terjaganya daya tahan tubuh , maka tubuh akan  selalu merasa fit , lebih sulit terserang penyakit dan tidak mudah merasa lelah .


3. Mencegah Munculnya Kanker

Tak dapat dipungkiri , kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh kebanyakan orang karena kemampuannya untuk mengerogoti organ-organ tubuh yang diserang . Nah untuk menghindarkan diri anda dari kanker , maka anda dapat rutin mengkonsumsi jus terong belanda . Terong belanda mengandung zat lycopene (likopen) yang memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas , yang merupakan salah satu penyebab munculnya sel kanker pada tubuh kita .


4. Memperbaiki Sel DNA Yang Rusak

Salah satu manfaat lain yang dapat anda peroleh dari terong belanda adalah dapat memperbaiki sel-sel DNA yang rusak . Sel-sel DNA dapat diperbaiki dan dapat berfungsi dengan normal lagi dengan bantuan dari terong belanda .


5. Sebagai Antioksidan

Selain lycopene yang dapat membantu menangkal radikal bebas , teong belanda juga memiliki kandungan manfaat antioksidan yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Antioksidan , selain bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh , juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini , meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh , mencegah munculnya berbagai macam penyakit .


6. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat berikutnya dari terong belanda ialah mampu menjaga kesehatan mata anda . Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A yang ada pada buah terong belanda . Terong belanda memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi , walaupun tidak setinggi pada kandungan wortel . Namun demikian kandungan vitamin A yang ada pada terong belanda dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A setiap harinya . Manfaat vitamin A sendiri adalah meningkatkan kualitas penglihatan mata , mencegah terjadinya gangguan pada mata seperti rabun jauh , rabun dekat dan silindris , mencegah katarak .


7. Menyembuhkan Sariawan

Seperti beberapa jenis buah yang bersifat asam lainnya seperti manfaat pada buah jeruk dan manfaat apel , kandungan vitamin C yang ada pada terong belanda mampu membantu proses penyembuhan sariawan yang anda alami . Selain itu,  vitamin C yang terkandung dalam khasiat terong belanda juga dapat mencegah munculnya sariawan pada rongga mulut .


8. Meredakan Panas Dalam

Ketika anda mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan terlalu panas , maka anda akan merasakan perih pada bagian tenggorokan . Hal inilah yang disebut dengan kondisi panas dalam . Ketika mengalami panas dalam , anda dapat meminum jus buah terong belanda untuk meredakan panas dalam yang anda alami agar tidak menyiksa anda terus menerus .


9. Menjaga Dan Melancarkan Proses Pencernaan

Proses pencernaan yang kurang lancar  seperti sembelit , diare dan gangguan pencernaan lainnya dapat teratasi dan berkurang gejalanya ketika anda mengkonsumsi jus buah terong belanda . Hal ini dikarenakan kandungan serat dari buah terong belanda yang cukup tinggi , sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mengurangi resko mengalami penyakit dan gangguan pada bagian pencernaan .


10. Mengobati Penyakit Maag

Bagi anda yang sering merasakan sakit maag di perut anda , maka jus terong belanda dapat menjadi pilihan yang bijak dalam meredakan sakit maag yang anda alami . Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada manfaat terong belanda , sehingga dapat membantu mengurangi gejala sakit maag yang dialami serta mencegahnya kambuh kembali .


11. Mencegah Anemia

Kandungan gizi penting lainnya yang ada pada buah terong belanda ialah kandungan zat besi yang tinggi . Dalam 100 gr buah terong belanda terdapat kandungan zat besi sebanyak 0.4 – 0.9 mg . Manfaat zat besi ini memiliki peranan penting dalam mencegah anemia atau  kekurangan darah , yang memiliki gejala seperti 5L (letih, lesu, lemah, lunglai, lemas) , tidak bersemangat dalam beraktivitas , rentan terhadap penyakit .


Itulah beberapa manfaat dari terong belanda . Semoga artikel ini bermanfaat .




Sumber tulisan:
Fauzi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan"

Posting Komentar

close