8 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan



Tanaman saga tumbuh liar dipekarang rumah rumah warga , walau termasuk tanaman liar nyatanya daun dari tanaman ini mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan . Saga rambat, saga telik atau saga areuy (Abrus precatorius) karena nama yang sama terkadang orang masih rancu menyebutkan antara daun saga rambat dan pohon saga (Adenanthera Pavonina) . Hal ini sebenarnya disebabkan karena orang-orang pada umumnya menyebut kedua tumbuhan tersebut dengan nama saga saja , disisi lain tidak banyak orang yang tahu persis mengenai manfaat daun saga rambat .

Entah karena mereka tidak tahu atau memang dianggap menggangu , daun saga rambat ini sering dibabat habis atau bahkan dibakar . Saga rambat termasuk jenis tanaman gulma dan tumbuh secara liar . Daun saga rambat dianggap mengganggu tanaman yang sengaja ditanam maupun karena merusak keindahan . Khasiat daun saga rambat diantaranya adalah untuk mengobati sariawan dan penyakit lainnya .

Namun alangkah lebih baik jika sebelum menghilangkan atau menganggap sesuatu tidak berharga , kita cari tahu terlebih dahulu kegunaan dari sesuatu tersebut . Seperti halnya daun saga ini , ternyata daun saga memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan manusia .

Daun saga merupakan tumbuhan obat anti sariawan yang populer . Daun tumbuhan ini , bila dikombinasikan dengan daun sirih menjadi obat tradisional yang ampuh mengatasi seriawan . Khasiat ini berasal dari beberapa bahan aktif abrus lactone , asam abrusgenat dan turunan metilnya . Daunnya juga mengandung glycyrrhizin .


  1. Manfaat daun saga untuk bayi
Daun saga bisa bermanfaat juga sebagai pereda batuk pada bayi , manfaat daun saga dapat juga bikin bayi tidur lebih pulas serta tak rewel.


  1. Mengobati Batuk
Biasanya banyak orang tahu bahwa batuk bisa disembuhkan dengan khasiat jeruk nipis , namun tahukah anda bahwa batuk juga dapat diobati dengan daun saga . Caranya cukup mudah , ambil beberapa tangkai daun saga dan cuci daun tersebut hingga bersih . Siapkan juga daun asam dan kayu manis kemudian rebus semua bahan tadi dengan dua gelas air hingga mendidih dan sisakan air tesebut sebanyak setengah gelas . Minumlah ramuan tadi dua kali sehari dengan takaran sekali minum setengah gelas.


  1. Mengobati Amandel
Daun saga rambat ini dapat mengobati penyakit amandel anda . Cara mengobati amandel cukup dengan mengambil daun serta akar daun saga rambat ini . Setelah itu , cuci hingga bersih serta siapkan gula batu dan kayu manis . Kemudian rebus semua bahan herbal dengan 4 gelas air bersih dan sisakan air rebusan itu hingga menjadi setengah gelas . Saring air rebusan itu agar terpisah dari ampasnya . Minumlah ramuan ini dua kali sehari waktu pagi dan sore hari.


  1. Mengobati Hipertensi
Khasiat tanaman saga dapat juga di proses jadi obat hipertensi atau darah tinggi . Untuk langkah memproses seperti berikut , Siapkan sebagian genggam daun saga , daun kaki kuda , daun selamagi , buah waluh putih , serta daun kejibaling . Rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas . Kemudian disaring untuk diminum airnya.


  1. Mengobati Sariawan
Anda terkena sariawan , mungkin daun saga rambat ini bisa menjadi salah satu solusinya. Pertama-tama , petik daun langsung dari pohonnya dan tempatkan daun tersebut ditempat yang agak panas sampai daunnya menjadi layu . Langkah selanjutnya adalah cuci bersih daun yang telah layu tersebut lalu kunyah daun saga rambat itu sampai halus , setelah halus buang hasil kunyahan daun saga tersebut , lebih tepatnya daun saga dipakai untuk berkumur saja . Ingat , daun saga yang sudah di kunyah jangan di telan ya.


  1. Untuk Mengobati Jantung Berdebar dan Keringat Dingin
Daun saga juga aman untuk meredakan jantung berdebar kencang . Manfaat daun saga untuk jantung berdebar serta keringat dingin dapat didapat lewat cara mengolahnya seperti berikut : Siapkan 8 gr daun saga manis serta 10 gr daun sembung . Tambahkan 5 gr kencur kemudian rebus dengan 400 ml air . Selanjutnya minum air rebusan daun saga rutin setiap hari.


  1. Mengobati Panas Dalam
Ambil lima belas tangkai daun saga rambat kemudian cuci daun tersebut hingga bersih . Rebus daun tadi dengan dua gelas air hingga mendidih dan sisakan setengah gelas . Setelah dingin kemudian disaring , minum rebusan herbal daun saga rambat sekali sehari.


  1. Obat Bronchitis
Daun saga rambat ini juga dapat membantu anda yang menderita penyakit bronchitis . Anda hanya perlu mengambil lima belas tangkai daun saga yang tentunya masih segar dan cuci bersih daun tersebut . Setelah itu rebus daun saga rambat tersebut dengan dua gelas air hingga menyisakan satu gelas air saja . Dinginkan lalu saring air rebusan tersebut . Minumlah ramuan ini rutin satu gelas satu hari.


Setelah membaca penjelasan di atas , tentunya anda lebih memahami bahwa tanaman saga rambat yang ada di sekitar anda ternyata memiliki banyak manfaat . Oleh karena itu , jangan pernah meremehkan sesuatu dari alam karena terkadang sesuatu yang terlihat tidak berguna ternyata memiliki manfaat yang sangat besar layaknya daun saga rambat ini .


SEMOGA BERMANFAAT



Sumber tulisan:
Dapur Hidup Alami

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

close