Manfaat Daun Seledri Mempercantik Rambut Dan Membersihkan Ginjal



Manfaat seledri sudah menjadi sahabat bagi para ibu rumah tangga . Daun seledri sering dijadikan bumbu penyedap dalam masakan berkuah , karena aromanya yang khas , dapat mengeluarkan aroma masakan yang sedap dan bisa menambah nafsu untuk menyantapnya .

Seledri juga sering dijadikan hiasan untuk mempercantik tampilan masakan saat penyajiannya .

Namun daun seledri biasanya tidak terlalu dipentingkan dalam penggunaannya , tidak seperti pada manfaat daun salam atau manfaat daun singkong yang difavoritkan untuk ditanam .

Padahal seledri sendiri, sangat baik dikonsumsi karena manfaatnya yang berlimpah , seperti berikut ini :

Seledri merupakan tanaman herbal yang sangat rendah kalori . Daun seledri hanya berisi 16 kalori per 100 g dan mengandung serat non larut , yang bila dikombinasikan dapat menurunkan berat dan kadar kolesterol dalam darah .

Sumber yang kaya antioksidan flavonoid seperti zea xanthin , lutein dan beta karoten , yang berfungsi sebagai pelindung tubuh , meningkatkan imunitas tubuh dan pencegahan kanker .

Seledri merupakan sumber vitamin A yang baik . Vitamin A dan beta karoten adalah antioksidan flavonoid alami yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit serta mata .

Seledri mengandung asam folat , riboflavin , niasin dan vitamin C , yang sangat penting untuk metabolisme yang optimal .

Daun dan biji-bijian mengandung banyak minyak atsiri yang penting mencakup terpen , limonene dan humulene .

Namun aroma khas seledri ini disebabkan senyawa kimia yang dikenal sebagai phthalides (butylphthalid dan turunan sedanenolid dihidro-nya) di dalamnya .

Minyak atsiri yang diperoleh dari ekstraksi tanaman seledri telah digunakan sebagai obat untuk menenangkan kondisi gugup dan osteoarthritis .

Selain itu bagian biji dan akarnya memiliki sifat diuretik (membuang kelebihan air dari tubuh melalui urine) , galactogogue (sekresi bantuan ASI) , stimulan dan sifat tonik .

Seledri merupakan sayuran rendah kalori yang penuh dengan nutrisi .

1 cangkir jus seledri segar yang dihasilkan dari 4 cangkir seledri cincang mentah memiliki 65 kalori , kurang dari 0,7 gram lemak dan hampir 2,8 gram protein . Hal ini membuat jus seledri merupakan pilihan sayuran yang baik . Sekitar 3,5-5 cangkir seledri per minggu , yang merupakan jumlah yang direkomendasikan untuk pria dan wanita.



Seledri mengandung :

Kalium ,  Kalsium ,  vitamin A, B1 , B2 , B6 , C  dan Vitamin K ,  Folat ,  Antioksidan dan banyak mengandung Serat Makanan .


Daun Seledri Untuk Mempercantik Rambut

Rambut merupakan mahkota kepala yang harus dirawat dengan baik . Penampilan yang baik harus dengan merawat pula kesehatan rambut . Masalah yang sekarang sering dijumpai pada rambut adalah kerontokan yang disebabkan seringnya gonta-ganti gaya rambut dengan bahan-bahan kimia . Rambut yang rontok terus menerus dapat menyebabkan kebotakan , karena itu harus diatasi .

Banyak perawatan di salon yang memang dapat dilakukan , namun tentunya menguras biaya yang tidak sedikit . Terapi dengan manfaat seledri mampu melebatkan kembali rambut dan menjaga kulit kepala .


Caranya mudah :

Siapkan sekiranya 10 tangkai daun seledri kemudian haluskan , keramaslah seperti biasa ,   setelahnya gosokkan seledri yang dihaluskan tersebut pada rambut hingga merata ,  Pijatlah dengan lembut rambut agar meresap pada kulit kepala . Kemudian diamkan selama satu jam dengan menggunakan shower cap atau topi pembungkus ,  Bilas hingga bersih rambut setelah satu jam .  Lakukan seminggu dua kali untuk perawatan untuk hasil yang maksimal .



Daun Seledri Untuk Membersihkan Ginjal


Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A , sementara batang merupakan sumber vitamin B1 , B2 , B6 dan C dengan pasokan kaya potasium , folat , kalsium , magnesium, besi , fosfor , natrium dan kandungan asam amino ensensial yang tinggi . Nutrisi yang terkandung di dalam seledri akan bekerja secara optimal ketika anda membuatnya menjadi jus . Natirum organik alami yaitu garam dalam seledri sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh termasuk ginjal .

Bahkan untuk anda yang mengalami gangguan dengan kestabilan darah seperti hipertensi masih aman untuk mengkonsumsi natrium yang terkandung di dalam seledri . Manfaat seledri selalu dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah padahal seledri juga dapat membantu anda dalam menjaga fungsi ginjal .

Manfaat daun seledri salah satunya adalah sebagai pembersih organ ginjal yang bekerja setiap hari tanpa henti untuk menyaring segala kotoran , racun dan zat-zat yang tidak terpakai untuk selanjutnya dibuang saat kita buang air besar maupun buang air kecil .

Cara Mengolah daun seledri untuk membersihkan ginjal juga cukup mudah berikut ini beberapa Cara mengolah daun seledri :

1.    Cuci 1 ikat daun seledri hingga bersih lalu dipotong kecil-kecil dan direbus dalam air selama 10 menit .

2.    Setelah didiamkan hingga dingin, saring daun seledri dan masukkan kedalam botol bersih dan simpan dalam lemari es .

3.    Ramuan ini diminum 1 gelas setiap harinya dan akan terasa bagimana khasiat dari ramuan daun seledri ini karena akan membuang kotoran dan racun yang menumpuk melalui air seni.


Daun seledri memang merupakan pembersih terbaik untuk organ ginjal . Air seni yang keluar akan membawa garam dan juga racun terakumulasi dalam tubuh akibat fungsi penyaringan ginjal sehingga kesehatan ginjal akan tetap terjaga .

Selain itu dikatakan bahwa daun seledri juga bermanfaat dalam mencegah penyakit seperti batuk , alergi , reumatik , tekanan darah tinggi dan juga mata kering atau xeroftalmia . Bahkan daun seledri bisa digunakan dalam perawat kecantikan yaitu pembersih wajah berminyak .

Betapa besarnya manfaatnya daun seledri , namun sayangya hanya sedikit orang yang tahu manfaatnya sebagai cara alami cuci ginjal . Karena sekarang kita sudah mengetahuinya , tidak salah nya kan kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari . Daripada mengeluarkan uang banyak untuk ke dokter , bukankah ramuan daun seledri ini cara yang paling murah .


SEMOGA BERMANFAAT




Sumber tulisan :
Bundae Arsy

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Daun Seledri Mempercantik Rambut Dan Membersihkan Ginjal"

Posting Komentar

close