Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh



Orang tua mana yang tak panik dan bingung jika mendapati buah hatinya sakit . Anak-anak pada usia tumbuh kembang kerap kali menjadi santapan virus . Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus ialah sakit panas demam . Jika anak sakit panas , anda jangan terburu-buru memberikan obat-obatan kimia . Cobalah dengan ramuan herbal dulu untuk menurunkan suhu tubuhnya , salah satunya dengan daun cincau .

Siapa sangka daun cincau yang biasa dibuat untuk minuman ini ternyata berkhasiat untuk menurunkan sakit panas anak  lho . Perlu anda ketahui , dijelaskan pada situs triducfood.com. bahwa daun cincau ini banyak sekali khasiatnya diantaranya dapat mengobati beberapa penyakit seperti obat panas , demam , panas dalam , sakit perut (mual) dan saluran pencernaan .

Nah , berikut ini adalah cara membuat resep obat herbal dari daun cincau untuk menurunkan panas si kecil :

1. Siapkan daun cincau sebanyak 2 lembar dan basahi dengan dengan 5 sendok air matang .

2. Daun cincau yang sudah diberi air matang lalu diremas-remas sampai airnya mengental dan warnanya menjadi hijau .

3. Air remasan daun cincau tersebut lalu disaring , hasilnya kira-kira menjadi 3 sendok makan air cincau .

4. Air cincau yang sudah disaring tadi sebaiknya segera diminumkan pada anak yang sakit karena jika terlalu lama dibiarkan maka air cincau akan makin kental sehingga agak susah untuk ditelan , terlebih bagi anak yang sedang sakit . Bisa juga anda menambahkan madu .

5. Air cincau ini bisa diminumkan setiap 4 jam sekali atau bisa juga 3 kali sehari tergantung seberapa tinggi panas tubuh yang diderita anak tersebut .



Manfaat yang lain dari Daun Cincau adalah :


Anti Inflamasi

Cincau mengandung sebagian besar zat klorofil pada daunnya . Zat ini bisa meredakan peradangan yang disebabkan oleh bakteri atau kuman pada bagian-bagian tertentu . Untuk memanfaatkannya , daun cincau bisa ditumbuk dan diberi sedikit garam kemudian dioleskan pada bagian yang sakit 3 kali sehari .


Obat Diabetes

Daun cincau mengandung senyawa bisbenzil sokuinolin dan klorofil yang berguna untuk menstabilkan kadar gula darah . hal Ini dapat memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas dalam mengatur kadar gula darah , Jika mengonsumsi air rebusan daun cincau ini secara teratur , sebanyak 200 ml 2 kali sehari .


Mengatasi Radang Lambung

Kandungan antioksidan dan vitamin C pada daun cincau bermanfaat untuk membantu klorofil mengatasi sakit maag yang dialami oleh seseorang yang memiliki kelainan pada asam lambung . Senyawa ini , akan memperkuat otot-otot dinding lambung untuk membunuh bakteri penyebab penyakit di perut . Untuk mengobati sakit maag , bisa mengkonsumsi rebusan daun cincau sebayak 2 kali sehari .


Obat Hipertensi

Senyawa S-S tetandrin juga berguna untuk mengobati hipertensi . Senyawa ini bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga darah akan mengalir lebih lancar . Sistem peredaran darah yang halus , akan mengatasi tekanan darah tinggi kembali normal . Untuk mengobati darah tinggi  daun cincau baik dikonsumsi 3x seminggu .


Obat Tipes

Senyawa tocopherol , mineral fosfor dan antioksidan dari daun cincau dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi penderita penyakit tifoid atau tipes . Konsumsi daun rebus cincau ini , sebanyak 3 kali sehari .


Mengatasi permasalahan Otot

Senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida dari daun cincau membantu mengatasi masalah otot seperti otot kaku , pegal dan nyeri . Dan membantu proses peregangan otot bila dioleskan sebagai salep atau minuman dalam bentuk rebusan .


Untuk Kanker

Daun cincau memiliki senyawa isokandrodendrin dan tetrasin S-S yang berfungsi membunuh sel tumor yang akan menjadi sel kanker . Selain itu , kedua senyawa tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika kita konsumsi , setelah mengolahnya terlebih dulu menjadi rebusan atau gelatin .


Mengobati Diare

Senyawa alkaloid pada daun cincau mengandung vitamin C dan vitamin B yang dapat mengatasi diare setelah dikonsumsi secara teratur sebanyak 3 kali sehari . Senyawa alkaloid akan membantu membunuh penyakit kuman yang ada dalam makanan dan meningkatkan penyerapan sari makanan di dalam tubuh .


Mencegah Osteoporosis

Kandungan mineral magnesium , kalsium dan fosfor yang tinggi di daun cincau berguna untuk regenerasi sel tulang yang keropos . Kandungan bermanfaat ini , untuk memberi makan tulang dalam pembentukan sel darah yang rusak . Dengan demikian kesehatan tulang meski sudah mencapai usia lanjut bisa lebih terjaga .


Demikian informasi yang dapat saya rangkum mengenai khasiat daun cincau untuk pengobatan .


Semoga Bermanfaat .




Sumber tulisan:
Pusat Perawatan Ibu dan Anak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

close