MANFAAT KULIT MANGGIS UNTUK KESEHATAN



Buah manggis awalnya hanya dikenal sebagai buah untuk dikomsumsi , bagian buah yang biasanya dikomsumsi adalah lapisan penutup biji dan biji gagal berupa daging putih berair .

Ternyata terdapat cukup banyak manfaat kulit manggis untuk kesehatan . Penelitian berbagai manfaat kulit manggis ini dilakukan di seluruh dunia tersebar di 4 benua , 12 negara dan semuanya memberikan hasil yang positif .

Mungkin hal ini cukup mengejutkan bagi kita semua . Beberapa peneliti manfaat kulit manggis mengatakan bahwa kulit manggis mujarab mengatasi berbagai macam penyakit berkat adanya senyawa xanthone .

Kulit manggis mengandung 50 senyawa xanthone . Xanthone adalah bioflavonoid yang bersifat antioksidan , antibakteri , antitumor , antialergi , antiinflamasi dan antihistamin . Di alam ini terdapat sekitar 200 jenis xanthone dimana 50 jenis diantaranya berada pada buah manggis (Garcinia mangostana) . Senyawa itu tersebar pada kulit buah dan biji , kulit batang , daun serta sebagian kecil pada daging buahnya .

Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari kulit manggis , jika kita rutin meminumnya . Asalkan telaten hasil yang maksimal pasti akan kita dapatkan . Berikut manfaat kulit manggis untuk kesehatan :

1. Mengandung xanthone , bersifat anti diabetes , anti kanker , anti inflamasi atau peradangan , anti bakteri , anti fungsi jamur dan juga dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh .

2. Sangat baik bagi penderita kanker . Xanthone pada kulit manggis bersifat anti proliferasi bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker .

3. Bersifat apoptosis yeng berfungsi untuk menghancurkan sel kanker secara alami terutama kanker payudara , kanker hati , kanker darah atau leukimia , kista-myom dan kanker usus .

4. Sangat baik sebagai anti inflamasi (anti peradangan) seperti radang sendi , tenggorokan , pernafasan , asthma , ambeien , liver dan radang radang yang lain .

5. Membantu menurunkan kadar kolesterol darah , sehingga baik untuk penderita jantung koroner , stroke , hipertensi , veritgo , pegal pegal atau capek capek karena peredaran darah kurang lancar.

6. Bisa bermanfaat sebagai anti bakteri dan antivirus sehingga baik diminum bagi penderita TBC , diare atau disentri , influenza dan typus .

7. Kandungan magiferin pada kulit manggis bisa menurunkan kadar gula dalam darah serta flavonoid dan xanthone melindungi sel pada pankreas dari kerusakan akibat serangan radikal bebas .

8. Untuk Kesehatan Jantung , kulit manggis bisa mencegah penyakit jantung , memperkuat pembuluh darah , menurunkan kolesterol LDL , menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu mencegah arteriosclorosis .

9. Untuk kesehatan pencernaan kulit manggis dapat Membantu mengatasi penyakit GERD (penyakit kronik yang ditandai dengan mengalirnya asam lambung ke dalam kerongkongan) , membantu menyembuhkan borok/bisul , meringankan syndrome kelainan usus besar (IBS) , membantu menghentikan diare , meringankan peradangan usus besar maupun kecil yang di kenal dengan istilah Crohn`s disease dan bisa mencegah salah satu penyakit radang usus besar (diverticulitis) .

10. Membuat lebih awet muda . Menambah energi, meningkatkan kegembiraan dan meningkatkan stamina . Membantu menghindari penyakit kemerosotan pada otak (dementia & Alzheimer`s) . Mencegah terbentuknya batu ginjal . Membantu mencegah penyakit sistem syaraf (parkinson) . Meredakan sakit akibat radang sendi . Memperbaiki kerusakan dari penggunaan obat penghilang rasa sakit (NSAID) . Membantu kesehatan penglihatan .

11. Kulit manggis dapat menurunkan demam . Mengatasi keracunan makanan . Menyembuhkan luka tenggorokan . Membantu menyembuhkan sariawan . Mengatasi sesak nafas . Membantu mengurangi migran (sakit kepala sebelah) . Mengurangi sakit gigi . Meningkatkan mood dan menurunkan depresi . Menghilangkan jerawat dan cacat pada kulit .

12. Kulit manggis untuk kesehatan pria dapat membantu mencegah kemandulan dan membantu mencegah pembesaran prostat .

13. Kulit manggis untuk kesehatan wanita dapat meringankan kesulitan buang air kecil . Sebagai obat pencuci perut yang lembut . Meminimalkan gejala sakit sebelum menstruasi (PMS) . Meringankan gejala menopause . Menurunkan pembengkakan saat menstruasi . Meringkan sakit pada otot, ligamen, atau tendon (fibromyalgia) . Meringankan sakit akibat penyakit menurunnya kepadatan tulang/pengapuran tulang (osteoporosis) .

14. Kulit manggis untuk kesehatan Anak-anak dapat membantu meringankan penyakit asma . Bisa mencegah gangguan hyperaktif dan kurang perhatian (ADHD) dan alergi makanan .  Membentuk gigi dan tulang yang lebih kuat .


Nah kulit manggis yang di anggap sepele ternyata mempunyai sejuta manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita . Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANFAAT KULIT MANGGIS UNTUK KESEHATAN"

Posting Komentar

close