MANFAAT DAUN TEMPUYUNG UNTUK KESEHATAN



Tumbuhan tempuyung sejatinya memiliki nama latin “Sonchus arvensis L.” merupakan tumbuhan yang sudah dikenal sejak dahulu sebagai tanaman obat tradisonal atau herbal .

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan , Daun tempuyung terbukti memiliki beberapa kandungan senyawa yang baik bagi kesehatan . Berikut beberapa kandungan dari daun tempuyung diantaranya: oc-laktuserol , P-laktuserol , manitol , inositol , silika , kalium , flavonoid dan taraksasterol .

Ketenaran daun tempuyung juga mengundang ilmuwan dari tanah air untuk meneliti kandungan dari daun tempuyung yakni Prof. Dr. Sarjito . Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh Alm. Prof. Dr. Sarjito dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta memaparkan , kandungan kalium didalam tumbuhan tempuyung dapat membantu untuk menghancurkan batu ginjal .

Berikut Adalah Manfaat Daun Tempuyung Bagi Kesehatan :

1. Penyakit saluran kencing

Ambil daun tempuyung yang masih segar , cuci sampai bersih . Panggang daun tempuyung tersebut dibara api sebentar saja (sampai sedikit layu) . Jadikan daun tempuyung tersebut sebagai lalapan , lauk nasi .

2. Kencing batu

Ambil 150 mg daun tempuyung yang sudah kering , cuci sampai bersih . kemudian rebus ramuan tersebut dengan volume air 250 cc sampai mendidih . Minum air ramuan tersebut tiga kali sehari sampai penyakit sembuh .

3. Bisul

Ambil batang dan daun tempuyung , cuci sampai bersih , kemudian tumbuk sampai halus kedua ramuan tersebut , peras ambil airnya . Oleskan pada bisul dengan perasan ramuan tersebut .

4. Mengobati Infeksi Usus Buntu , Disentri Dan Wasir

Rebus 15-60 gram daun tempuyung segar diyakini mampu untuk mengobati penyakit seperti infeksi usus buntu, disentri dan wasir .

5. Kandung kencing dan batu empedu

Tempuyung sudah lama digunakan sebagai obat tradisional , terutama untuk penyakit batu ginjal dan batu empedu karena sifatnya yang diuretik (peluruh) . Caranya , siapkan 5 lembar daun tempuyung dan tambahkan parutan kelapa secukupnya . cuci bersih dan diasapkan sebentar kemudian campurkan dengan parutan kepala seperti dengan cara membuat urap . kemudian dimakan bersama dengan nasi hangat sebagai lalapan dapat dikonsumsi dalam 3 x 1 hari .

6. Darah tinggi

Siapkan 5-10 lembar daun tempuyung dan juga parutan kelapa kira-kira secukupnya tambahkan juga Belimbing wuluh kira-kira secukupnya sebagai campuran . Caranya , cuci bersih terlebih dahulu kemudian diasapkan dan berikutnya dicampur dengan parutan kelapa . Belimbingnya dipotong dadu untuk campuran lalapan . Kemudian dimakan dengan nasi putih hangat sebagai lalapan dapat dikonsumsi dalam 3 x 1 hari .

7. Kegemukan (obesitas).

Siapkan Daun Tempuyung 4 lembar , Air 100 ml kemudian direbus sampai mendidih . Kemudian diminum untuk sekali . Dianjurkan rutin minum air rebusan daun tempuyung selama 21 hari .

8. Masitis

Siapkan 15 gram tempuyung , dua gelas air putih , tambahkan madu kira-kira secukupnya untuk mengurangi rasa pahit . Kemudian rebus daun tempuyung sampai airnya jadi 1 gelas .
Minum air rebusan tadi selagi hangat dan tambahkan dengan madu .



Semoga informasi singkat ini dapat memberikan banyak manfaat dan menambah sedikit pengetahuan tentang Manfaat Daun Tempuyung .




Sumber tulisan:

Dama Almubasyar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANFAAT DAUN TEMPUYUNG UNTUK KESEHATAN"

Posting Komentar

close