Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan




Kemangi biasanya sebagai pelengkap makanan lalapan . Kemangi cukup familiar di Indonesia . Karena daun ini biasanya selalu menemani ayam goreng , ikan dan sayur-sayuran lainnya . Tak lengkap rasanya bila makan lalapan tanpa kemangi . Aromanya begitu memanjakan hidung dan tidak membosankan . Biasanya bagi yang baru pertama kali mencoba kemangi akan merasa pahit di lidah . Namun jika sudah terbiasa , akan merasa kalau kemangi mempunyai keunikan sendiri di lidah bagi yang mencobanya .

Nah , di bawah ini merupakan beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan pria dan wanita .

1. Meredakan Demam dan Masuk Angin

Daun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin yang diderita oleh balita . Caranya Ambil beberapa daun kemangi , kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa , lalu dioleskan ke perut , dada  dan punggung balita .


2. Menyehatkan Mata dan Mulut

Vitamin A yang terkandung pada daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata , meredakan mata yang stres dan mencegah gangguan pada mata lainnya . Bukan cuma itu , selain daun mint kemangi pun punya efek menyegarkan bau mulut jika dikonsumsi .


3. Melancarkan ASI

Daun kemangi segar dipercaya dapat mencegah bau badan dan bau mulut , serta memperlancar ASI . Anda bisa memanfaatkan sebagai lalap teman makan nasi dan sambal .


4. Anti inflamasi

Kemangi merupakan agen anti inflamasi yang bertugas menyembuhkan bengkak dan ampuh meredakan radang sendi . Kemangi juga termasuk sumber kalsium yang baik yang dibutuhkan tulang untuk mencegah osteoporosis .


5. Menopouse

Kemangi dapat menunda menopouse karena kandungan Zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause . Oleh karena itu , perbanyaklah konsumsi kemangi jika anda ingin menunda massa menopouse .


6. Mencegah Batuk

Di Thailand , kemangi digunakan sebagai bumbu masak . Di India dan sebagian wilayah di Afrika , daun kemangi diseduh menjadi teh . Teh kemangi disajikan pada saat pergantian musim , saat masyarakat setempat mudah terserang batuk , pilek atau demam .


7. Mengatasi Keputihan

Kandungan senyawa eugenol dalam kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan . Jadi , saat anda mengalami keputihan , rajin-rajinlah mengkonsumsi daun kemangi . Bisa sebagai lalap atau dicampur dengan makanan lain , misalnya untuk campuran pepes .


8. Merangsang Sel Telur

Daun kemangi dapat membantu proses pematangan sel telur (ovulasi) karena kandungan zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi) .


9. Antiradang

Kandungan zat cineole , myrcene dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi berfungsi sebagai antibiotik alami dan antiperadangan .


10. Kesehatan Jantung

Berdasarkan beberapa penelitian , daun kemangi berperan dalam memelihara kesehatan Jantung karena kandungan betakaroten dan magnesium . Keduanya merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung .


11. Mengatasi Stroke

Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke karena kandungan isoflavon pada kemangi dan juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai , buncis , kacang polong , dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke .


12. Terapi Kehamilan

Daun kemangi punya manfaat membuat pasangan segera memiliki momongan . Sebab , khasiat daun kemangi ternyata cukup bagus untuk meningkatkan kesuburan baik pria maupun

wanita . Kemangi memiliki kandungan senyawa arginine yang cukup tinggi yang berkhasiat untuk memperpanjang usia hidup dan memperkuat daya tahan sperma . Selain itu , daun kemangi juga merangsang produksi hormon estrogen dan progesteron pada wanita .

Untuk memanfaatkan khasiat daun kemangi sebagai cara cepat hamil atau tips cepat hamil ternyata tidaklah sulit . Yaitu dengan cara rajin mengkonsumsi daun kemangi menjadi lalapan setiap hari atau akan lebih efektif lagi dengan membuat seduhan daun kemangi .


13. Manfaat lainnya

Para perokok bisa mengunyah daun kemangi kapan saja ketika mereka ingin merokok . Dengan begitu , kekuatan antioksidan mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin . Kemangi juga ampuh meredakan stres , mencegah diabetes dan mengatasi batu ginjal .



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan"

Posting Komentar

close