MANFAAT ASAM JAWA UNTUK KESEHATAN



Asam Jawa adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan ketinggian sampai 10 meter lebih . Tanaman ini sangat mudah di temui di sekitar tempat tinggal kita terutama dengan mudah dapat di temui di sekitar perkampungan warga di desa-desa . Terkadang asam jawa di jadikan pelengkap bumbu masakan .

Ternyata asam jawa mempunyai khasiat untuk mengobati berbagai keluhan penyakit . Berikut Khasiat dari asam jawa beserta cara meraciknya untuk dijadikan obat .
 
1.    Mengobati Disentri

Disentri merupakan penyakit yang menyerang usus . Gejala penyakit ini ditandai dengan perut terasa mulas , BAB di sertai darah dan lendir . Penyakit ini disebabkan oleh perkembangan bakteri dan amoeba . Dengan ramuan tradisional asam jawa penyakit ini bisa di sembuhkan .

Cara Menggunakan: Tumbuklah asam jawa sebanyak 5 gram, 10 gram kunyit dan temulawak sebanyak 10 gram. Selanjutnya serbuk halus tersebut campurkan dengan air panas dan saring airnya. Cukup tambahkan madu satu sendok dan ramuan tersebut siap diminum.

2. Obat Penyakit Difteri

Penyakit ini menyerang saluran pernafasan yang di sebabkan oleh bakteri corynebacterium diphtheria . Ditandai dengan sakit tenggorokan , panas tinggi dan penderita merasa sulit bernafas dan menelan makanan , serta adanya lendir dalam hidung dan mulut . Penyakit ini bisa di sembuhkan dengan obat herbal tradisional dari asam jawa .

Cara Menggunakannya :
Sediakan 5 gram lobak , 5 gram kencur , 5 gram bawang merah , 10 gram daun papaya . Tumbuk bahan-tersebut bersama asam jawa . Kemudian hasil tumbukan di seduh dengan air panas . Ramuan tersebut digunakan untuk berkumur dan jangan diminum . Lakukan pengobatan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari .

3. Mengatasi Demam Setelah Nifas

Buatlah ramuan asam jawa untuk mengobatinya. Siapkan satu jari asam jawa yang kering dan gula aren secukupnya, Seduh dengan satu gelas air panas. Minum saat airnya hangat. Lakukan dua kali sehari.

4. Mengobati Eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang merusak jaringan sehingga kulit melepuh dan mengeluarkan nanah . Eksim biasa menyerang usia anak-anak . Dengan asam jawa bisa dipercaya mampu membantu mengatasi eksim .

Cara Menggunakannya
Ambil segenggam asam jawa , umbi temu lawak dan gula aren . Bahan tersebut di tumbuk dan kemudian direbus dengan 2 gelas air . Selanjutnya saring airnya dan minum ramuan obat herbal tersebut . Ada cara pengobatan lainnya selain diminum , asam jawa di tumbuk kemudian di balurkan pada kulit yang sakit .

5. Mengatasi Darah Rendah

Untuk mengatasinya gunakan ramuan asam jawa sebagai berikut , siapkan 5 gram asam jawa , 10 gram gula , 250 gram daun bayam , 15 gram cabai rawit dan garam secukupnya . Kemudian rebus daun bayam setengah matang untuk di jadikan sebagai lalapan . Bahan lainnya di tumbuk halus untuk di buat menjadi sambal . Lalapan dan sambal tersebut di makan menemani makan siang anda dengan nasi beras merah . Lakukan kebiasaan tersebut setiap hari .

6. Mengobati Ambeien

Semua pasti tidak percaya diri saat terkena ambeien . Untuk mengatasinya salah satunya dengan ramuan asam jawa . Caranya , siapkan 6 gram daun keji beling , 6 gram meniran , 3 gram temu lawak dan 1 gram asam jawa tentunya . Semua bahan di rebus dengan 1 liter air . Setelah direbus biarkan dingin dan kemudian saring airnya . Minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari secara rutin hingga ambeien sembuh .

7. Menurunkan Demam Bayi

Jangan panik ketika bayi anda demam . Ambil asam jawa dan kunyit sebanyak ibu jari , dua tangkai daun bawang , 5 lembar daun melati yang masih muda . Tumbuk bahan tersebut . Tempelkan pada ubun-ubun bayi anda hingga kering .

8. Menurunkan Kolesterol

Manfaat asam jawa yang satu ini sangat penting untuk orang tua , betul asam jawa bisa menurunkan kolesterol . Kolesterol bisa di kurangi kadarnya dengan ramuan asam jawa . Siapkan 200 gram asam jawa dan tumbuk sampai halus . Tuangkan 200 ml air panas dan saring airnya . Setelah itu diminum sebanyak 3 kali sehari .

9. Mengobati Nyeri Haid

Ada banyak cara untuk mengobati nyeri saat haid . Namun sangat tidak dianjurkan untuk wanita hamil . Siapkan satu genggam asam jawa yang masih muda dan kunyit sebesar 2 jari . Tumbuk bahan tersebut dan selanjutnya rebus bersama 1 gelas air . Saring airnya dan minum selama satu minggu sebelum masa haid .

10. Mengobati Asma

Untuk membuat ramuan asam jawa dalam mengatasi asma tidak sulit . Ambil 2 potong kulit pohon asam jawa dan juga pohon adas pulowaras . Rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air . Saring airnya dan minum ramuannya setiap hari .

11. Obat Batuk Kering

Ambil 3 buah asam jawa dan 1 genggam daun saga . Rebus keduanya dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya . Saring airnya dan minum sebanyak 2 kali sehari . Lakukan di pagi dan sore hari secara rutin setiap harinya .

Semoga bermanfaat .


Sumber tulisan :
Astrid Pelangi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANFAAT ASAM JAWA UNTUK KESEHATAN"

Posting Komentar

close