Manfaat Kunyit Campur Jahe



Kunyit dan jahe merupakan rempah-rempah yang sering kita jumpai sebagai bahan campuran makanan . Tapi tahukah anda bahwa campuran kunyit dan jahe juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh ? Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang kaya akan vitamin C dan B6 , kalsium , zat besi , senyawa minyak atsiri dan fosfor .

Sementara itu , kandungan senyawa kurkuminoid pada kunyit merupakan zat yang ampuh mengobati berbagai penyakit , mencegah peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri .

Kombinasi dari kedua bahan ini dipercaya bisa mengobati penyakit serta menambah kekebalan tubuh . Lalu apa saja manfaat dari kunyit campur jahe lainnya ?

Berikut ini ulasan manfaat kunyit campur jahe bagi kesehatan tubuh kita :

1. Pereda Radang Tenggorokan

Campuran kunyit dan jahe bisa menjadi obat alami pereda radang tenggorokan . Kandungan senyawa minyak atsiri pada jahe maupun kunyit tidak hanya meredakan radang tenggorokan , tapi juga menghangatkan badan .

Anda bisa membuat ramuan pereda radang tenggorokan ini dengan mencampur 2 sendok makan air perasan jahe dan kunyit yang diparut dengan air perasan 1 buah jeruk nipis . Untuk menambah rasa dan khasiat ramuan ini , anda bisa menambahkan 1 sendok madu asli atau gula batu ketika meminumnya .


2. Membersihkan dan Mendetok Hati

Campuran kunyit , jahe dan jus lemon dipercaya mampu membersihkan , mendetoksifikasi dan menjaga fungsi hati .

Ramuan penjaga fungsi hati tersebut bisa anda buat dengan cara mencampur ½ sendok teh jahe bubuk , ½ sendok teh kunyit bubuk dengan 1½ gelas air kemudian rebus hingga mendidih selama 5 sampai 10 menit . Kemudian saring air rebusan tersebut dan tuangkan ke dalam gelas .

Tambahkan jus lemon dan 1 sendok makan madu asli , aduk hingga merata . Ramuan detoks hati pun siap untuk diminum .


3. Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh

Ramuan yang terdiri dari campuran jahe dan kunyit juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga stamina tubuh agar tetap bugar .

Cara membuat ramuan kesehatan ini yakni dengan mencampur 1 sendok teh kunyit bubuk , 1 sendok makan air perasan jeruk nipis , 1 sendok teh madu asli , 1 sendok teh jahe segar yang ditumbuk , 1 siung bawang putih yang dipotong dadu dengan ½ cangkir air .

Rebus bahan-bahan tersebut hingga mendidih kemudian diamkan beberapa saat lalu diminum.


4. Meredakan Radang Sendi dan Arthritis

Seperti halnya rempah-rempah lainnya , jahe juga memiliki sifat anti inflamasi yang mampu meredakan pembengkakan , peradangan dan nyeri pada sendi .

Anda bisa membuat ramuan pereda nyeri sendi ini dengan cara mencampur ½ sendok teh kunyit bubuk dan jahe bubuk ke dalam 2 gelas air mendidih . Biarkan campuran tersebut mendidih selama 15-30 menit kemudian saring air rebusan tadi . Sebagai penambah rasa , anda bisa menambahkan madu ketika meminumnya .

Selain itu , ramuan pereda arthritis juga bisa dibuat dengan mencampurkan bubuk fenugreek , bubuk kunyit dan bubuk jahe . Kombinasi bahan-bahan tadi kemudian dikonsumsi bersamaan dengan air hangat sebanyak dua kali sehari hingga nyeri arthritis mereda .


5. Meredakan sakit perut saat haid

Ramuan yang terdiri dari air perasan dari parutan 1 rimpang kunyit , jahe dan ½ rimpang kencur serta air perasan jeruk nipis yang diseduh dengan ½ gelas air panas bisa membantu meredakan sakit perut saat hari pertama haid .

Itulah beberapa manfaat kunyit campur jahe bagi kesehatan tubuh . Semoga bermanfaat .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Kunyit Campur Jahe"

Posting Komentar

close