MANFAAT JAHE UNTUK KESEHATAN



1. Melancarkan Peredaran Darah
Manfaat jahe yang pertama adalah melancarkan peredaran darah . Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah . Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung .

2. Mengobati Sakit Perut
Ekstrak jahe bermanfaat bagi yang sering mengalami perut kembung dan nyeri . Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi usus .

3. Mengobati Migrain
Pada sebuah studi menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin , yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala . Dengan demikian , jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah .

4. Mengobati Demam dan Batuk
Gingerol pada jahe yang sebelumnya sudah dijelaskan dapat melancarkan peredaran darah , kandungan gingerol juga dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk .  Mengkonsumsi jahe berarti menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam kandungan obat-obatan kimia .

5. Mencegah Perut Buncit
Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan dapat mencegah terjadinya perut buncit . Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan . Dengan adanya sebuah peningkatan metabolisme tersebut yang berdampak akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit .

6. Menurunkan Tekanan Darah
Jahe dapat untuk merangsang pelepasan hormon adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah , yang dapat mengakibatkan darah mengalir menjadi lebih lancar dan lebih cepat serta dapat meringankan kerja jantung dalam memompa darah .

7. Menurunkan Berat Badan
Jahe seperti yang disebutkan diatas bahwa jahe dapat melebarkan pembuluh darah yang membakar kalori menjadi panas tubuh dan jahe hanya mengandung sedikit kalori yang terkandung , sehingga tidak berkontribusi untuk menaikan berat badan . Mengkonsumsi jahe dengan cara membuat wedang setiap hari dapat menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh .

8. Mengobati Sakit Gigi
Nyeri gusi dan sakit gigi ternyata dapat juga dicegah dengan meminum air jahe . Hal ini karena jahe bersifat antijamur dan antibakteri .

9. Mencegah Siklus Menstruasi
Manfaat jahe salah satunya dapat bermanfaat untuk menjaga keteraturan siklus menstruasi bagi wanita . Di negeri China misalnya , jahe yang kemudian dicampurkan dengan gula merah dalam teh banyak dikonsumsi untuk mengurangi rasa kram pada saat datang bulan .

10. Menambah Stamina
Kandungan senyawa yang terdapat jahe ada yang bersifat inklamasi . Hal ini tentunya efektif dalam hal untuk membangun otot pada bagian tubuh seperti otot pada lengan . Berdasarkan sebuah penelitian bahwa dapat disimpulan dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot yang disebabkan karena latihan fisik secara berlebihan .

11. Sebagai Obat Jerawat
Pada sebuah penelitian yang sebelumnya sudah dilakukan di Universitas Maryland Medical Center , untuk membantu dalam mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gr/hari . Karena apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi jahe dapat mengakibatkan efek samping seperti mules , iritasi dan diare .

12. Obat Mabuk Perjalanan
Terlebih untuk yang sering mengalami mabuk dalam perjalanan , sebaiknya mengkonsumsi minuman jahe . Rempah-rempah yang satu ini diyakini dapat mengurangi rasa mual juga menyembuhkan jet lag .

13. Anti Alergi
Manfaat jahe bersama ekstrak biji anggur dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang seringkali dapat terjadi selama musim alergi .

14. Mengobati Morning Sickness
Rasa mual , perut kembung dan rasa ingin muntah pada pagi hari , termasuk pada wanita yang sedang hamil . Morning sickness dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi ramuan minuman jahe .

15. Menangkal Radikal Bebas
Jahe mengandung kandungan antioksidan yang mampu untuk dapat mengatasi efek merusak karena disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh .

16. Peradangan
Jahe seperti pada nomor 1 bahwa jahe memiliki kandungan senyawa yang dinamakan gingerol . Senyawa gingerol ini bertanggung jawab untuk sebagai aroma menyengat dan mempunyai khasiat anti-inflamasi . Pada saat mencari obat anti peradangan pastikan obatnya memiliki kandungan gingerol .

17. Arthritis
Ekstrak jahe yang juga bermanfaat pada penderita arthritis dan osteoarthritis . Kandungan pada jahe sudah diyakini mengandung komponen yang dapat menghambat COX , dimana COX merupakan salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab tentang timbulnya peradangan . Obat resep penghambat COX ini biasanya memiliki efek samping yang dapat merugikan tubuh . Manfaat jahe sebagai salah satu obat herbal alami dapat memiliki khasiat yang serupa dan tanpa efek samping .

18. Membersihkan Kotoran Dalam Tubuh
Apabila sering mengkonsumsi jahe secara rutin dengan cara diseduh , hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi berkeringat . Melalui keringat itulah dikeluarkan berbagai jenis kotoran jahat yang terdapat dalam tubuh .

19. Memerangi Sel Kanker
Kandungan nutrisi yang terdapat pada jahe dapat bermanfaat unutk membantu meredam perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh . Pada sejumlah studi mengungkapkan bahwa khasiat ekstrak jahe dapat untuk memerangi beragam jenis kanker seperti kanker ovarium dan kanker usus .

20. Menurunkan Kolesterol
Pada sejumlah studi bahwa telah menunjukkan dengan mengkonsumsi jahe secara dapat secara efektif untuk mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan juga hati . Kandungan gingerol terdapat dalam jahe juga memiliki efek yang bersifat antikoagulan yang mampu untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah . Kandungan pada jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin yang pada akhirnya dapat memperlancar aliran peredaran darah .

21. Mengobati Luka Gigitan Ular
Cara menggunakan jahe untuk mengobati luka gigitan ular dengan menumbuk rimpang dan diberi sedikit garam , lalu tempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun dan ini hanya digunakan sebagai pertolongan pertama , untuk penanganan lebih lanjut penderita dibawa ke rumah sakit .

22. Meredakan Rasa Sakit
Pereda rasa sakit alami dan juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala . Cara menggunakan dengan minum wedang jahe 3 kali sehari atau bisa juga dengan minum wedang ronde , mengulum permen jahe dan menambahkan jahe pada makanan seperti : soto, semur, atau pun rendang .

23. Pereda Nyeri Sendi
Dalam sebuah uji klinis bahwa dapat disimpulkan jahe ternyata dapat menghilangkan rasa sakit seperti yang saya sebutkan diatas , meningkatkan pergerakan pada sendi , serta mengurangi pembengkakan yang terkait dengan rheumatoid arthritis . Manfaat jahe yang lainnya juga dapat untuk membantu meredakan nyeri pada punggung dan sakit kepala seperti migrain .


Nah itulah 23 manfaat jahe yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dapat bermanfaat untuk mengobati sakit gigi ataupun dapat digunakan sebagai obat jerawat dan sebagainya.


Sumber :
Bidan Siti Aisah Nasa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANFAAT JAHE UNTUK KESEHATAN"

Posting Komentar

close